SALAM PAPUA (TIMIKA) - Dalam rangka memperingati Hari Statistik Nasional (HSN), Senin (26/9/2023), Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Mimika mengadakan apel dan berbagai perlombaan bersama di halaman kantor BPS.

Perayaan ini diikuti oleh ASN di lingkungan BPS Kabupaten Mimika dan juga dihadiri oleh beberapa Mitra BPS dari kota Timika dan wilayah pedalaman Mimika.

Kepala BPS Kabupaten Mimika, Ouceu Satyadipura mengatakan bahwa HSN bukan hanya perayaan ulang tahun milik BPS melainkan milik semua insan Statistik yang ada di Indonesia.

“Tujuan utama kita saat ini yaitu bagaimana meningkatkan kualitas data yang kita kumpulkan sehingga BPS akan terus berkolaborasi dengan seluruh stakeholder untuk mewujudkan Satu Data Indonesia (SDI),” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, dalam upaya memberikan peran konkret kepada Negara, untuk bangkit, sejahtera, adil dan makmur, maka perlu mewujudkan statistik yang maju dan berkualitas yang terintegrasi pada segenap insan Statistik.

“Selama ini BPS bertugas sebagai pencari data primer, kemudian sebagai pembina statistik sektoral dimana kami membina mitra sehingga mendapatkan data yang nyata, data yang dapat dipakai Pemerintah Daerah untuk penentuan kebijakan ke depannya,” jelasnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy