SALAM PAPUA (TIMIKA) - Timika Trail Adventure (TTA) menggelar bakti sosial (Baksos) kepada warga yang bermukim di sekitar Kali Putih dan Kali Kabur, Jalan Trans Nabire, tepatnya di perbatasan antara Kabupaten Mimika dan Kabupaten Deiyai, Provinsi Papua Tengah.

Ketua TTA, Reinhard J. Yarona mengatakan bahwa pemilihan lokasi Baksos disesuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat sasaran, mereka memang memerlukan sentuhan dari berbagai pihak. Tim Baksos menyiapkan paket sembako seperti beras dan minyak goreng, juga pakaian layak pakai, berjumlah sekitar 50 paket. Selain itu ada pula paket bingkisan makanan ringan untuk anak-anak.

“Jadi kemarin kita lakukan Baksos, lokasi Baksos ini terbilang jauh dari Kota Timika dan perlu perjuangan untuk menuju ke sana karena ada beberapa ruas jalan yang belum diaspal. Namun kami merasa masyarakat di sekitar Kali Putih dan Kali Kabur ini memang layak menerima bantuan sosial, sebab mereka sulit mendapatkan akses untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” ujar Yarona kepada salampapua.com, Senin (25/9/2023).

Pria yang telah bertahun-tahun aktif di komunitas motor itu berharap ada perhatian lebih intens dari pemerintah kepada masyarakat di Kali Putih dan Kali Kabur, mengingat kondisi mereka memang seharusnya butuh diperhatikan secara khusus.

Yarona menyampaikan terima kasihnya kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan terhadap kegiatan Baksos tersebut. Dia sangat bersyukur komunitas-komunitas di Kabupaten Mimika, baik motor maupun yang lainnya dapat bekerja sama dengan baik.

“Saya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Dog Lovers Timika, Sunday Speed, Sneklek, JBI Gold Region Timika, Supra Motor Jayapura, Hocstic, Timika Anventure Club, dan Astra Motor Timika. Semuanya telah memberikan kontribusi yang luar biasa sehingga kegiatan Baksos ini terlaksana dengan baik,” ungkapnya.

Pada saat menerima Baksos, masyarakat setempat menyambut dengan senang hati. Anak dari kepala suku setempat, Derek Kudiyai, menurut dia turut menyampaikan terima kasih kepada tim Baksos.

Sementara itu, Ketua Dog Lovers Timika, David Kaban saat dihubungi salampapua.com mengungkapkan bahwa kegiatan Baksos ini merupakan pengalaman awal bagi komunitasnya.

“Kami mendapat kabar tentang Baksos ini mendadak tapi tetap bergabung dan akhirnya Baksos dapat terlaksana dengan lancar tanpa hambatan yang berat,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, kegiatan Baksos ini sekaligus menjadi acara refreshing sambil mengenalkan jenis-jenis anjing kepada masyarakat.

“Saya berharap kegiatan-kegiatan seperti ini bisa terus dilakukan, dimana kita bisa langsung bertemu dengan masyarakat yang membutuhkan,” tuturnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy