SALAM PAPUA (TIMIKA) - Wakapolres Mimika Kompol Hermanto didampingi Kabag SDM Kompol Y. Mince Mayor bersama 27 personel dari Polres Mimika dan 12 personel dari PT. Freeport Indonesia (PTFI) menggelar kegiatan penanaman 1.000 pohon di pulau Puriri, Distrik Mimika Timur, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah.

Kapolres Mimika, AKBP I Gede Putra melalui Wakapolres Kompol Hermanto menjelaskan kegiatan penanaman pohon ini mengangkat tema "Polri Presisi Lestarikan Lingkungan Penghijauan Sejak Dini".

“Kegiatan sudah dilakukan tanggal 24 Oktober 2023. Dimulai dengan berkumpul di Bandara Lama (Mozes Kilangin Timika), lalu menggunakan bus PTFI menuju Porsite. Dari sana melanjutkan perjalanan dengan Speed/Kapal PTFI "Suara Alam" menuju pulau Puriri,” ucap Kompol Hermanto, Kamis (26/10/2023).

Ia mengatakan bahwa kegiatan penanaman pohon ini merupakan bagian dari program Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo untuk melestarikan lingkungan sejak dini, dengan harapan dapat memberikan manfaat kepada generasi muda di masa yang akan datang.

“Penanaman pohon memiliki manfaat besar, termasuk menjaga udara tetap bersih, menjaga ketersediaan air tanah, serta mencegah bencana banjir dan longsor. Oleh karena itu, penting untuk mengajarkan kesadaran cinta lingkungan sejak dini,” ucapnya.

Sementara perwakilan dari PTFI, Jery Rumainum menyampaikan bahwa pohon mangrove berperan penting menahan arus air laut yang dapat mengikis daratan pantai.

“Pohon mangrove membantu menjaga garis pantai dan mencegah erosi yang disebabkan oleh air laut. Kami ucapkan terimakasih kepada Polri, dalam hal ini Polres Mimika yang ikut peduli terhadap lingkungan,” kata Jery.

Penulis: Acik

Editor: Jimmy