SALAM PAPUA (TIMIKA) - Warga Mimika berharap agar Satpol-PP menertibkan sejumlah warga yang berjualan di atas trotoar di depan pasar dan di depan perumahan Pemda, Kelurahan Timika Jaya, SP2 Timika, Kabupaten Mimika.

Warga SP2, Stevan Awum kepada salampapua.com mengatakan bahwa jika terus biarkan, maka masyarakat akan semakin banyak yang akan berjualan di atas trotoar.

“Yang di depan pasar itu sudah lama, tapi hanya beberapa penjual saja dan lama kelamaan semakin banyak berjejer di sepanjang trotoar. Pokoknya itu berawal dari beberpa orang saja. Di trotoar yang berhadapan dengan perumahan Pemda itu baru saja dimulai beberapa bulan terakhir. Di situ juga  jualan hasil kebun,” ungkap Steven, Selasa (3/10/2023).

Dia mengungkapkan, adanya warga yang berjualan di atas trotoar sering menyebabkan kemacetan arus lalulintas, karena banyak sepeda motor ataupun mobil yang diparkir di badan jalan. Selain itu, banyak anak-anak bermain dan berlarian sehingga sangat rentan terjadi kecelakaan.

“Kita tidak persoalkan siapa saja yang berjualan karena itu untuk mencari nafkah, tetapi sangat meresahkan karena sangat menghambat arus lalulintas,” ujarnya.

Selain di SP2, warga lainnya juga mengeluhkan kondisi yang sama di Jalan Budi Utomo, tepatnya di depan SMPN 2.

Warga jalan Budi Utomo, Anis Aim mengaku, sangat risih melihat pemandangan di depan SMPN 2 lantaran banyaknya pedagang yang berjualan di pinggir jalan dan di atas trotoar. Pemandangan yang sama juga terlihat di sekitaran perempatan Busiri Ujung.

“Di situ setiap hari sampai malam sangat padat. Belum lagi kalau jam istirahat anak-anak sekolah. Kenapa di Timika seperti tidak ada aturannya,” ungkap Anis.

Wartawan : Acik

Editor : Jimmy