SALAM PAPUA (TIMIKA) - Almarhum Andreas M. Y. Maturbongs menerima penghargaan dari Bupati Paniai Meki Nawipa, sebagai guru perintis pertama pada tahun 1938 di Wisselmern, Enarotali, Kabupaten Paniai.

Piagam penghargaan tersebut diserahkan tanggal 13 November 2023 di Kantor Bupati Paniai, yang diterima anak ke-10 almarhum Andreas Maturbongs, yakni Thobias Maturbongs yang saat ini menjabat sebagai anggota DPRD Mimika.

Thobias Maturbongs kepada salampapua.com mengaku bahwa almarhum ayahnya tersebut layak menerima penghargaan karena sejak datang dari Tual tahun 1934, almarhum langsung mengajar di Manasari, Distrik Mimika Timur Jauh, selanjutnya pindah ke Mimika Bagian Barat. Setelah bertahun-tahun mengajar di wilayah Mimika, kemudian diajak Pastor Tilemans ke Enarotali pada tahun 1938.

"Bapak saya mengajar dari distrik ke distrik itu dengan jalan kaki menyeberang sungai menggunakan rakit. Ada tiga guru yang saat itu mulai mengajar bersama almarhum bapak saya, tapi dua orang lainnya tidak ikut ke Enarotali. Jadi (almarhum) sangat pantas menerima penghargaan," ungkapnya, Selasa (14/11/2023).

Selain memulai mengajar, almarhum juga membangun gereja bersama masyarakat. Kemudian, tahun 1940 almarhum kembali ke wilayah Timika, tepatnya di Uta, Mimika Barat.

"Almarhum kembali ke wilayah Timika tahun 1940 dan meninggal dunia di tahun 2001 saat berusia 91 tahun. Waktu itu Timika masih bergabung dengan Fakfak," katanya.

Thobias menyampaikan terimakasih kepada Bupati Paniai Meki Nawipa yang telah berinisiatif memberikan penghargaan bagi semua guru perintis.

"Bukan hanya almarhum bapak saya yang diberi penghargaan, tapi ada juga guru-guru perintis lain yang diberikan. Penghargaan ini sangat luar biasa sebagai apresiasi dari Pemerintah Paniai," tutupnya.

Penulis : Acik

Editor : Jimmy