SALAM PAPUA (TIMIKA) - Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Mimika I tahun 2023 resmi dibuka oleh Sekretaris Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Mimika Simon Kasamol mewakili Bupati Mimika Eltinus Omaleng, yang dilaksanakan di Lapangan Timika Indah, Senin (27/11/2023).

Sebelum pembukaan 24 Cabang Olahraga yang akan bertanding dalam Porkab tersebut, dilakukan devile dari Halaman Gedung Emeneme Yauware menuju Lapangan Timika Indah, dan dilanjutkan dengan pembacaan Janji Atlet.

Simon Kasamol saat membacakan sambutan Ketua Umum KONI Kabupaten Mimika Eltinus Omaleng mengatakan, Porkab diselenggarakan untuk mengevaluasi prestasi atlet dan semua pembina Cabor.

“Melalui Porkab ini kemampuan fisik, mental dan skill hasil latihan para atlet dapat diketahui kualitas dan efektivitasnya, oleh karena itu kepada semua atlet dapat menunjukkan kualitas pribadinya sehingga dapat bersinar diajang ini,” ujarnya.

Ia juga menegaskan, pelaksanaan Porkab menjadi salah satu alternatif yang akan berperan sebagai wadah pembinaan olahraga yang dilakukan secara terukur dan berkesinambungan.

“Untuk menghasilkan atlet berbakat maka harus didukung dengan adanya proses pembinaan berkelanjutan, dari itu Pemkab akan terus mendukung pelaksanaan Porkab ini. Saya mengajak generasi muda Mimika untuk berperan aktif dalam Porkab ini sehingga akan tumbuh atlet-atlet berprestasi untuk membawa nama baik Kabupaten Mimika ke depannya,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Porkab Mimika 2023, Alexander Omaleng dalam laporannya yang dibacakan Natalis Bukaleng mengatakan, tujuan Porkab ini sebagai ajang penyaluran bakat dan prestasi atlet, sebagai ajang seleksi bagi atlet berpotensi di masing-masing Cabor yang akan memperkuat Kabupaten Mimika di masa mendatang pada even-even Regional dan Nasional.

Dalam Porkab I Tahun 2023 diikuti 24 Cabor yang terdiri dari Muaythai, Rugby, Tinju, Taekwondo, Pencak Silat, Panahan, Bilyar, Sepeda, Basket, Tenis Meja, Panjat Tebing, Takraw, Kick Boxing, Tarung Drajat, Karate, Ju jitsu, Menembak, Bola Tangan, Catur, Binaraga dan Fitnes, Bulutangkis, E-Sport, dan Dayung.

“Atlet yang mengikuti Porkab sebanyak 2.400 orang, untuk total keseluruhan panitia yang terlibat dalam kegiatan ini sebanyak 3.000 orang. Kami berterimakasih kepada Pemkab Mimika yang telah memberikan dukungan penuh sehingga kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik,” ujarnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy