SALAM PAPUA (TIMIKA) - Pasca badai elnino melemah, Mimika diperkirakan akan dilanda hujan disertai angin dan petir sepanjang bulan Desember 2023.

Forcaster Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Mimika, Sony Hartono mengungkapkan bahwa elnino telah terjadi selama beberapa  bulan terakhir, tetapi saat ini mulai melemah.

"Sekarang indeks elnino ada di minus  0,5, berarti sudah melemah dan mulai normal. Normalnya elnino itu ada di minus 0,5 sampai plus 0,5. Kemungkinan Mimika akan kembali ke cuaca normal seperti pada umumnya, tetapi normalnya di Mimika itu selalu  panas di pagi dan siang hari serta akan hujan saat sore hari hingga malam," ungkap Sony saat ditemui salampapua.com, Senin (4/12/2023).

Pada awal Desember 2023 ini perlu diwaspadai hujan disertai petir dikarenakan angin dari laut dari arah selatan saat pagi hari dan angin dari arah utara dan barat. Ada juga faktor lain yang menyebabkan hal itu ialah saat Indonesia pada umumnya sementara diterpa angin yang bertiup dari arah barat.

"Tadi malam terjadi hujan, angin dan petir akibat angin dari berbagai arah berputar di wilayah teluk cenderawasih sehingga hampir di seluruh Timur Papua terkena dampaknya. Mimika juga terkena dampaknya," ujarnya.

Ditegaskan bahwa Desember 2023 banyak awan cumulonimbus. Awan culonimbus terlihat hitam sehingga menyebabkan petir yang sesuai besarnya awan dimaksud.

"Biasanya awan cumulonimbus itu sangat dihindari di dunia penerbangan," tuturnya.

Diimbau agar masyarakat Mimika lebih waspada dalam hal ini jika telah mendengar adanya petir, maka semua barang elektronik yang berpotensi harus diamankan dengan cara memutus sambungan listriknya.

Penulis : Acik

Editor : Jimmy