SALAM PAPUA (TIMIKA) - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Mimika menggelar Doa Bersama Lintas Agama untuk Pemilu 2024 yang aman dan damai, yang dilaksanakan di Hotel Horison Diana Timika, Sabtu (9/12/2023).

Kegiatan ini diikuti perwakilan dari Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Mimika, organisasi dan Paguyuban di Mimika, KPU Mimika, Bawaslu Mimika, dan TNI/Polri dengan mengangkay tema “Manusia Merencanakan, Tuhan yang Menentukan”.

Ketua FKUB Mimika, Ignatius Adii mengatakan, sesuai tema yang diangkat sama seperti Pemilu, dimana manusia merencanakan namun yang memimpin Negara dan Daerah nantinya merupakan kehendak Tuhan. Maka dari itu Doa ini sebagai dasar kekuatan Pemilu.

“Kita harap baik eksekutif maupun legislatif yang memimpin nantinya adalah pilihan Tuhan sehingga senantiasa terjadi cinta kasih antar manusia bahkan tidak boleh terjadi dusta di antara manusia,” ujarnya.

Menurut dia, politik adalah sarana pemersatu, sarana mengembangkan suatu daerah, suatu Negara, oleh karena itu FKUB akan ikut memantau jalannya Pemilu dengan memantau dan mencegah adanya money politik, adanya kampanye di rumah-rumah Ibadah, dan politik identitas.

“Jadi jangan ada Tokoh Agama yang berani kampanye di tempat Ibadah, jangan juga menjual identitas untuk politik, kita juga jaga Natal bersama jangan sampai makna Natal berubah karena politik. Mari kita rayakan Natal dan Tahun Baru dengan sukacita,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Mimika, Yan Selamat Purba yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa potensi perpecahan akibat perbedaan pendapat seharusnya tidak perlu terjadi jika masyarakat memiliki tingkat kesadaran yang mumpuni bahwa perbedaan pendapat dalam sebuah negara yang menganut sistem Demokrasi adalah hal yang biasa dan wajar.

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Mimika Saya sangat mengapresiasi kegiatan doa bersama ini sehingga kami berharap Pemilu 2024 dapat berjalan dengan baik, damai dan kondusif," ujarnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy