SALAM PAPUA (TIMIKA) - Tokoh intelektual Distrik Hoya, Peanus Uamang mempertanyakan digantinya Kadistrik Hoya atas nama Manase Jangkup Omaleng dalam rolling jabatan yang dilakukan Bupati Mimika Eltinus Omaleng beberapa waktu lalu.

“Kami semua dari masyarakat hingga kepala-kepala Kampung Hoya telah menandatangani dan memberikan surat pernyataan untuk tidak menggeser Kadistrik Hoya kepada Pemkab Mimika. Kami sangat tidak menerima nonjobnya pak Kadistrik. Masyarakat bertanya-tanya apa yang salah sehingga adanya penggeseran, masyarakat harus tahu alasannya,” ujarnya kepada salampapua.com, Sabtu (9/12/2023).

Menurut dia, selama dua periode menjabat sebagai Kadistrik Hoya, Manase Jangkup Omaleng selalu mempertanggungjawabkan program yang ia kerjakan, salah satunya Lapangan Terbang yang dibangun Pemkab Mimika. Meskipun awalnya sempat terhenti pembangunan namun Kadistrik terus memberikan penjelasan kepada masyarakat.

“Sama halnya waktu kami kena banjir, pak Kadistrik selalu ada bersama kami, kami tidak kelaparan, pak Kadistrik yang selalu ada bersama kami. Kami minta penjelasan apa yang membuat Kadistrik di ganti?” tegasnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy