SALAM PAPUA (TIMIKA) – Dalam mengantisipasi adanya ancaman bom dalam tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Polres Mimika melalui Tim Gegana Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Papua melakukan sterilisasi di kantor KPU dan Bawaslu Kabupaten Mimika di jalan Irigasi-Hasanuddin, Kelurahan Pasar Sentral, Distrik Mimika Baru, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Senin (4/12/2023).

Danyon Satbrimob Polda Papua, Dionisius Vox Dei Paron Helan mengungkapkan bahwa ada dua tim penjinak bom yang diturunkan ke Bawaslu dan KPU Mimika.

Sterilisasi ke seluruh ruangan menggunakan alat pendeteksi bom dilakukan  guna mengantisipasi adanya bahan peledak dan yang lainnya yang merugikan di wilayah kantor Bawaslu dan KPU Mimika.

"Kita sifatnya membackup wilayah Polres Mimika. Itu dilakukan untuk mensterilisasi agar dua kantor tersebut selalu aman," ujarnya saat dihubungi via telepon.

Sementara Ketua Bawaslu Mimika, Frans Wetipo mengatakan bahwa sterilisasi dari pihak kepolisian ini berdasarkan instruksi Bawaslu Pusat, mengingat adanya kerjasama dengan pihak kepolisian.

"Sterilisasi ini salah satu tahapan atas kerjasama Bawaslu dengan pihak keamanan. Terimakasih hari ini tim dari Brimob sudah melakukan sterilisasi di setiap ruangan di kantor Bawaslu," ungkap Frans kepada salampapua.com.

Kerjasama aparat kemanan akan terus dilakukan mulai tahapan pencalonan, pendistribusian logistik,  penetapan hingga  pemilu berakhir.

"Intinya kami tetap berjalan bersama pihak keamanan sehingga Pemilu 2024 bisa berjalan sukses dengan baik dan aman," ujarnya.

Lebih lanjut diharapkan adanya kerjasama seluruh masyarakat Mimika dalam menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024, dengan harapan Mimika tetap aman dan damai.

Penulis : Acik

Editor : Jimmy