SALAM PAPUA (TIMIKA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika melaunching pelayanan angkutan gratis bus DAMRI dalam Kota dan Pelabuhan Poumako, yang diselenggarakan di halaman Kantor Pusat Pemerintah (Puspem) Kabupaten Mimika, Rabu (27/3/2024).

Plt Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Robert Kambu saat mewakili Bupati Mimika Eltinus Omaleng mengatakan, hari ini Pemkab Mimika melauncing pelayanan gratis bus Damri untuk angkutan kota dan pelabuhan Poumako.

Program ini merupakan program Pemerintah Pusat yang menunjukkan komitmen Pemerintah agar masyarakat dapat merasakan manfaat Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) secara langsung yang dalam jangka panjang dapat memperkuat ekonomi rakyat dari sektor transportasi.

“Bus Damri ini merupakan layanan angkutan gratis dari Pemerintah Pusat untuk masyarakat, khususnya yang berada di wilayah tertinggal, terluar, terpencil dan perbatasan (3TP). Dengan adanya angkutan di wilayah 3TP dapat menunjang aktivitas masyarakat, yang mana kita ketahui bahwa anggutan di wilayah tersebut susah ditemui, secara tidak langsung ini dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat dalam mempermudah sistem transportasi,” ujarnya.

Sementara Kepala Perum DAMRI Cabang Mimika, Markus Randanan mengatakan bahwa ada 10 bus yang akan dioperasikan dengan 6 rute di dalam Kota dan 1 rute ke Poumako.

“Kami bekerjasama dengan Pemkab Mimika, jadi masyarakat naik gratis karena disubsidi oleh Pemkab Mimika,” ujarnya.

Ia menjelaskan, jam operasi bus gratis ini dari pukul 05.30 WIT, mulai aktivitas anak sekolah dan  masyarakat hingga terpenuhi 8 rit (satu kali perjalanan kendaraan dari tempat asal ke tempat tujuan) baru kembali ke kantor DAMRI.

“Jadi bus semua dari terminal Pasar Baru, tidak ada pemberhentian, bus jalan sesuai rute. Jadi kalau masyarakat ingin naik, bisa langsung memberhentikan sesuai rutenya,” tuturnya.

Adapun rute pelayanan gratis bus DAMRI tersebut adalah sebagai berikut:

1. Terminal Pasar Baru – jalan Budi Utomo – jalan Cenderawasih - SP2- SP3 - Mile32 (PP).

2. Terminal Pasar Baru – Jalan Hasanuddin – Jalan Budi Utomo – Jalan Cenderawasih - SP2 - Caritas - Pasar Sentra – jalan Pendidikan - BKD (PP).

3. Terminal Pasar Baru – jalan Budi Utomo – jalan Cenderawasih – jalan Yos Sudarso - Nawaripi - SP4 (PP).

4. Terminal Pasar Baru – jalan Hasanuddin – jalan Budi Utomo – jalan Cenderawasih - KM7 - SP1 (PP).

5. Terminal Pasar Baru – jalan Hasanuddin – jalan Budi Utomo - Kwamki Narama – jalan Ahmad Yani – jalan C. Heatubun - KPPN – jalan Cenderawasih (PP).

6. Terminal Pasar Baru – jalan Hasanuddin – jalan Budi Utomo – jalan Cenderawasih – jalan Yos Sudarso - Leo Mamiri – jalan Ahmad Yani - Putar Bandara Lama (PP).

Penulis: Evita

Editor: Jimmy