SALAM PAPUA (TIMIKA) – Demi menekan penyebaran virus African Swine Fever (ASF) yang kemungkinan terbawa oleh penumpang melalui alas kaki, stasiun karantina pertanian Kabupaten Mimika bekerjasama dengan Bandara Mozes Kilangin Timika memasang fasilitas karpet disinfektan di setiap titik pintu kedatangan dan keberangkatan Bandara.

Kepala Stasiun Karantina Pertanian Kabupaten Mimika, Ferdi mengatakan pemasangan karpet ini telah dilakukan pada tanggal 29 Februari 2023, dimana pemasangan karpet ini sebagai tindak lanjut dari surat edaran Plt. Deputi Karantina Hewan tetang Kewaspadaan terhadap Kejadian ASF dan Keputusan Bupati Mimika Nomor 23 Tahun 2024 tentang Status Keadaan Darurat Wabah ASF di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah.

Karpet disinfektan tersebut diletakkan di pintu keberangkatan dan kedatangan penumpang Bandara Mozes Kilangin Timika. Para penumpang yang masuk atau keluar Bandara wajib melalui karpet tersebut.

“Karena sudah banyak kasus ditemukan, maka kita lakukan penekanan penyebaran dari sisi Bandara, ini sebagai antisipasi juga virus tidak terbawa keluar Daerah,” ujarnya kepada salampapua.com, Sabtu (2/3/2024).

Di samping itu, Ia menambahkan, apabila kedapatan barang bawaan penumpang yang berbahan olahan daging babi maka petugas langsung menahannya.

“Kita lakukan penjagaan ketat di bandara terkait barang bawaan penumpang, karena Virus ini tidak memiliki vaksin sehingga kita benar-benar harus menekan penyebarannya,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy