SALAM PAPUA (TIMIKA) – Sebanyak 500 personel ikut apel gabungan, yang dilaksanakan di halaman Gedung Emeneme Yauware, Selasa (9/4/2024), untuk persiapan pengamanan malam Takbiran dan Shalat Ied 1445 Hijriah di Timika.

Kapolres Mimika, AKBP I Gede Putra mengatakan, saat ini pihaknya melakukan apel gabungan untuk persiapan pengamanan malam takbiran yang dilakukan dengan pawai takbir dan juga persiapan pengamanan Shalat Ied.

“Sore ini kami lakukan persiapan untuk pengamanan karena Pawai Takbir dilakukan pukul 16.00 WIT. Start dari halaman Gedung Emeneme Yauware menuju kantor Pusat Pemerintahan (Puspem) di SP3, setelah itu mereka buka puasa bersama, dan lanjut turun untuk finish kembali di halaman Gedung Emeneme Yauware,” ujarnya usai memimpin apel gabungan.

Ia menjelaskan, untuk pengamanan saat Shalat Ied, dirinya telah berkomunikasi dengan panitia pelaksana Shalat Ied, dimana ada 81 titik tempat Shalat Ied yang akan diberikan pengamanan.

“Jadi kita siapkan personel untuk melakukan pengamanan di setiap titik, yaitu 76 titik di setiap Masjid di Timika, 4 titik di halaman terbuka, dan 1 titik di Sekolah,” jelasnya.

Ia menambahkan, ada sekitar 500 personel yang akan melakukan pengamanan yang terdiri dari TNI, Polri, SAR, Sentra Komunikasi (Senkom), Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Mimika, Komunitas, Paguyuban dan beberapa perwakilan masyarakat.

“Ada 500 personel yang akan kami sebar, jadi untuk setiap personelnya akan disesuaikan dari tempat kerawanannya. Kalau di lapangan terbuka pasti lebih banyak personel yang diturunkan,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy