SALAM PAPUA (TIMIKA) - Pasir Tailing dari limbah pertambangan PT Freeport Indonesia (PTFI) dijadikan batako dan paving block oleh Tailing Utilization PTFI.

Project Manager Tailing Utilization PTFI, Harry Joharsyah menyebutkan pasir tailing dari limbah pertambangan PTFI telah dijadikan batako serta paving block, dan perharinya bisa menghasilkan 6600 paving block.

Begitu pun dengan Batako, kata Harry, pihaknya bisa menghasilkan 700 batako perharinya.

 “Pasir tailing ini selalu ada dari limbah, kami jadikan paving block dan juga batako, perhari kami bisa memproduksi 6600 paving block,” ujarnya kepada salampapua.com, Rabu (25/4/2024).

Harry menjelaskan, pasir tailing, batako dan paving block dapat diambil secara gratis untuk keperluan sosial di kantor Tailing Utilization, di Jalan LIP Kuala Kencana, Kabupaten Mimika, dengan membawa surat permintaan.

Proses permintaannya adalah dengan menyurati kantor Tailing Utilization, setelah permintaan dianggap benar untuk kepentingan sosial maka Tailing Utilization akan mengeluarkan surat izin keluarnya pasir, paving block dan batako.

“Kalau mau digunakan untuk membangun Rumah Ibadah, Sekolah dan keperluan sosial bisa menyurati ke kami, akan kami berikan gratis namun transportasi pengangkutan ditanggung sendiri,” jelasnya.

Namun kata Harry, pemberian gratis ini akan diberikan apabila pembangunan bangunan tersebut tidak menggunakan anggaran atau bantuan dana dari Pemerintah.

“Kami akan berikan berapa pun jumlahnya, tidak terbatas, namun ingat kami tidak berikan kalau bangunan itu memiliki anggaran tersendiri,” ungkapnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy