SALAM PAPUA (TIMIKA) - Kepala Distrik Mimika Timur, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Oktovianus Kum mengatakan tahun 2024 pihaknya akan fokus melakukan program padat karya yang dianggarkan sebesar Rp 2 Miliar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika.

“Tahun ini kami masih diberikan anggaran padat karya sebesar Rp 2 Miliar, jadi kami akan fokus pada program padat karya,” ujarnya saat ditemui di Pelabuhan YPMAK Poumako Timika, Senin (8/4/2024).

Menurut Dia, program padat karya sangat baik dilakukan sebab anggaran dari Pemkab tersebut digunakan langsung oleh masyarakat, dimana semua pekerjaan melibatkan masyarakat bahkan susunan anggarannya pun melibatkan tokoh masyarakat setempat.

“Program ini sangat baik, jadi kami lakukan semuanya dengan masyarakat, masyarakat juga jadi ikut merasakan hadirnya pemerintah. Kalau sebelumnya kan kebanyakan program masuk melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis,” tuturnya.

Adapun program padat karya untuk tahun 2024 adalah perbaikan jalan, pembersihan lingkungan, perbaikan pasar di Kampung dan pembersihan drainase di Kampung.

“Semua program yang kita ambil ini kecil-kecil saja, jadi dilakukan dari masyarakat, untuk masyarakat, semuanya ikut bekerja, masyarakat juga yang memberikan masukkan apa saja yang akan kita lakukan. Saya berharap anggaran padat karya ini terus diberikan tiap tahunnya,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy