SALAM PAPUA (TIMIKA) - H-1 Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 H/2024 Masehi, jumlah peziarah kuburan Islam di Kabupaten Mimika meningkat dari hari-hari biasanya.

Salah satu kuburan Islam yang jumlah peziarah mulai meningkat sejak awal bulan puasa dan semakin ramai pada H-1 Hari Raya Idul Fitri 1445H ialah kuburan di samping Pangkalan Udara (Lanud) Yohanes Kapiyau, atau yang lebih dikenal sebagai kuburan Islam Airport Timika.

"Yang datang ziarah bukan hanya saat bulan Ramadhan saja, hanya saja ada peningkatan jumlah peziarah sejak awal bulan puasa hingga hari ini. Besok pagi selesai Salat Id pasti lebih banyak lagi yang datang," ungkap Lexy yang merupakan salah satu penjaga kuburan Islam AirPort Timika, Selasa (9/4/2024).

Lexy mengatakan, jumlah peziarah tergantung cuaca, tapi lebih banyak yang datang saat pagi dan sore hari. Biasanya setiap peziarah datang per-kelompok sehingga terkadang berdesak-desakan.

"Penjaga kuburan ini ada tiga orang dan selalu bergantian setiap hari, kami tidak digaji tapi kami jualan bunga dan air saja. Bunga untuk tabur dijual Rp 5000 per-kantong dan air mineral botol ukuran besar dijual Rp 10.000," ujar pria yang telah menjadi penjaga kuburan Airport sejak 2006 ini.

Penulis: Acik

Editor: Jimmy