SALAM PAPUA (TIMIKA) - Honai Adat Pengusaha Amungme Kamoro (HAPAK) mengapresiasi program bus gratis Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika untuk masyarakat.

Wakil Ketua HAPAK, Tenius Kum mengatakan, program bus gratis yang diberikan Pemkab Mimika melalui Dinas Perhubungan sangat baik dan sangat membantu masyarakat kecil dalam transportasinya.

“Program ini sangat membantu mama-mama kami yang berjualan di pasar dan tentunya membantu masyarakat ekonomi lemah. Mama-mama ini kan mereka kasihan dengan penghasilan yang seadanya belum tentu juga mereka bisa mendapatkan untung yang banyak, kemudian mereka harus bayar ojek yang mahal lagi,” ujarnya kepada salampapua.com saat di kantor HAPAK di Jalan Yos Sudarso Timika, Selasa (9/4/2024).

Menurutnya, memang ada pro dan kontra terkait program ini, namun HAPAK tetap mendukung dan sangat mendukung program ini, sebab HAPAK sendiri telah meninjau dan langsung mendatangi Dinas Perhubungan untuk menayakan tujuan program tersebut.

“Tujuannya baik dan tidak mengarah ke Politik. Tujuannya satu, hanya membantu, dan mereka juga berencana akan jalan sampai ke SP13, SP16, SP9, jadi kami menilai program ini sangat baik,” ungkapnya.

Sementara Pengawas HAPAK, Doflin Beanal mengatakan, HAPAK menilai program ini bukan karena mendengar dari pihak lain, namun HAPAK langsung turun menanyakan kepada masyarakat kecil yang memang membutuhkan transportasi gratis ini.

“Kami sendiri yang turun ke masyarakat yang ekonominya rendah, program ini sangat membantu mereka,” ujarnya.

Ia berharap, Pemkab Mimika juga dapat memperhatikan sekolah-sekolah yang tidak memiliki transportasi, sebab selama ini HAPAK menilai ada anak-anak Papua yang ingin bersekolah namun tidak memiliki biaya transportasi.

“Kita lihat banyak sekali sekolah yang membutuhkan transportasi, terkadang anak-anak mau ke sekolah tapi karena tidak ada biaya mereka tidak ke sekolah. Pemkab Mimika harus mensupport sekolah-sekolah ini, ada juga taman baca yang telah dibangun perorangan namun masyarakat tidak bisa ke sana karena tidak ada transportasi. Jadi saya harap Pemkab bisa memikirkan hal ini,” harapnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy