SALAM PAPUA (TIMIKA) - Masyarakat Kabupaten Mimika yang berkunjung ke hutan Mangrove di Poumako, Distrik Mimika Timur, akan dimanjakan dengan gazebo (bangunan kecil terbuka) dan layanan kapal wisata.

Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Mimika, Yopi Toisuta mengungkapkan bahwa pihaknya telah menambah panjang tracking dan ke depannya akan disambung dengan jembatan ke arah laut.

"Tahun kemarin dan sekarang ini juga kita lakukan penambahan tracking. Saya tidak hafal berapa panjang dan luas tracking yang telah dibangun. Nanti juga akan dibangun gazebo-gazebo di dalamnya oleh Pemprov," ungkap Yopi, Senin (29/4/2024).

Setelah jembatan ke arah laut ramping, akan disediakan kapal wisata kecil untuk mengantar pengunjung keliling hutan mangrove hingga ke kampus biru dan sekitarnya.

"Ke depannya ke arah laut akan dibangun jembatan dan disediakan kapal kecil untuk mengantar pengunjung ke kampus biru, keliling hutan mangrove dan sekitarnya hingga ke Mimika Barat," katanya.

Dia menambahkan, hingga saat ini jumlah pengunjung ke wisata mangrove Poumako selalu bervariasi setiap harinya dan dominan di hari Sabtu, Minggu dan hari libur.

"Puji Tuhan sampai saat ini pendapatan khusus dari wisata mangrove bisa mencapai Rp 40 juta lebih. Itu berarti ada kemajuan sehingga kita terus berinovasi," katanya.

Penulis : Acik

Editor : Jimmy