SALAM PAPUA (TIMIKA) - Kepala Distrik Wania, Matius Sedan mengatakan pihaknya saat ini telah memberikan peringatan tegas kepada masyarakat di Kelurahan Inauga untuk tidak membuang sampah sembarang, khususnya di lorong Jalan Hasanudin, tepatnya di samping Hotel Horison Ultima.

“Pihak Kelurahan Inauga dari awal telah melakukan penegasan kepada warga setempat dengan menutup tempat pembuangan di depan Jalan Hasanudin, bahkan pihak Kelurahan menutupnya dengan seng, namun tetap tidak diindahkan,” ujarnya kepada salampapua.com, Selasa (23/4/2024).

Sehingga pihak Distrik pun mengambil langkah dengan tegas dengan menutup dan memberikan imbauan melalui pemasangan spanduk, yang harapannya masyarakat sadar dan tidak membuang sampah di sembarang tempat.

“Kesadaran masyarakat sangat kurang akan lingkungan yang sehat, padahal lingkungan yang sehat ini bukan hanya masalah Pemerintah namun juga masalah bagi semua masyarakat, karena yang sakit nantinya bukan hanya Pemerintah,” ungkapnya.

Menurutnya, warga membuang sampah sembarangan ini karena dipicu sedikitnya ketersediaan TPS yang disiapkan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Mimika. Seharusnya DLH menyiapkan beberapa TPS di setiap lingkungan masyarakat, sehingga permasalahan sampah ini dapat ditekan.

“Saya berharap dengan adanya spanduk imbauan ini, masyarakat bisa membuang sampah pada TPS Inauga Jalan Busiri jalur 9,“ harapnya.

Dalam hal ini, ia juga berharap Dinas Satpol PP agar lebih tegas dalam melakukan patroli, dan apabila ditemukan masyarakat membuang sampah sembarangan, sebaiknya langsungs diberikan sanksi sosial.

“Sebaiknya ada juga tanggapan dari Satpol PP, jadi kami bisa sama-sama jalan untuk menjaga lingkungan yang sehat,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy