SALAM PAPUA (TIMIKA) - Lomba Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-30 tingkat Provinsi Papua tahun 2024 akan digelar di Kabupaten Mimika dan akan menghadirkan Al-Qur’an Raksasa.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Mimika, KH Muh Amin AR mengatakan, Al-Qur’an raksasa dengan berat 270 Kilogram, lebar 2 Meter dan tinggi 1 Meter lebih ini akan didatangkan dari Makasar pada Juni 2024 nanti untuk Lomba MTQ ke-30 tingkat Provinsi Papua tahun 2024.

“Karena lomba MTQ tinggat Provinsi nantinya diadakan di Timika, maka kami bersama Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) akan menghadirkan Al-Qur’an raksasa,“ ujarnya kepada salampapua.com, Senin (15/4/2024).

Ia menjelaskan, Al-Qur’an tersebut ditulis oleh penulis Al-Qur’an terkenal dari Sulawesi Selatan atas nama Ustad Usman Pabo’o S.A.G, yang memakan waktu 11 bulan dengan tinta khusus dari cina dan memakai 9 liter tinta.

“Al-Qur’an raksasa di Papua sudah ada dua, yaitu di Biak dan Fak-Fak, jadi kalau sampai di Timika sudah ada 3 Al-Qur’an raksasa di Papua, dan ini adalah 7 Al-Qur’an raksasa yang ditulis Ustad Usman Pabo’o,” jelasnya.

Selanjutnya usai MTQ nantinya, Al-Qur’an raksasa tersebut akan ditempatkan di Gedung Islami Center, yang rencananya akan dibangun di Jalan Irigasi Timika, tepatnya di kompleks Pohon Jomblo.

“Al-Qur’an raksasa ini akan dibuka selama perhelatan MTQ berlangsung dan akan ditutup saat MTQ itu ditutup, karena dalam perayaan MTQ, lantunan ayat-ayat Alquran akan dibacakan, sehingga seluruh umat muslim dapat menyaksikan Al-Qur’an raksasa tersebut,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy