SALAM PAPUA (TIMIKA) - Masyarakat Kabupaten Mimika antusias mengikuti pendaftaran Panitia Pemilihan Distrik (PPD) di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mimika, Jalan Hasanudin Ujung Timika, Jumat (26/4/2024).

Salah satu warga dari SP 2 yang mendaftar, David mengatakan, dirinya telah melakukan pendaftaran melalui Aplikasi SIAKBA dan telah memasukkan semua berkas yang diminta.

“Semua berkas sudah saya upload di dalam aplikasi, saya upload dari tanggal 23 April lalu,” ujarnya kepada salampapua.com.

Namun kata David, setelah 2 hari dirinya mendapat informasi dari SIAKBA, untuk membawa berkas fisik ke Kantor KPU wilayah setempat. Sehingga hari ini dirinya ikut mengantre untuk memberikan berkas fisiknya.

“Jadi dari SIAKBA menyatakan saya berhasil mendaftar dan saya diberikan formulir berhasil terdaftar sebagai calon, kemudian diminta untuk membawa berkas fisik ke Kantor KPU. Sekarang ini saya menunggu karena masih banyak yang didaftarkan langsung,” jelasnya.

Sementara masyarakat dari Jila, Petrus mengatakan, dirinya tidak mengetahui bagaimana caranya mendaftar menggunakan aplikasi sehingga dirinya langsung mendaftar di Kantor KPU Mimika.

“Kami banyak dari Jila, kita langsung daftar saja di KPU. Mereka dari KPU mau bantu jadi kami bawa berkas saja,” ujarnya.

Menurutnya, mereka mendaftar untuk menjadi PPD di wilayah Jila, agar mereka bisa memantau jalannya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) nantinya.

“Jangan ada orang dari wilayah lain yang jadi PPD di wilayah kami, kami saja yang jadi PPD, jadi kami bisa lihat jalannya Pilkada,” ungkapnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy