SALAM PAPUA (TIMIKA) - Meski diguyur hujan, pawai takbiran Idul Fitri 1445 H di Kabupaten Mimika tetap berlangsung damai yang dimeriahkan 30 mobil hias diiringi ratusan mobil lainnya.

Pawai takbiran dilepas Penjabat Sekretaris Daerah (PJ Sekda) Pemkab Mimika, Ida Wahyuni di halaman Masjid Baiturahman SP2 sekitar pukul 14.26 WIT, Selasa (9/4/2024), didampingi Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Mimika, KH Muh Amin, Kapolres Mimika, AKBP I Gede Putra dan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Mimika selaku panitia pelaksana pawai takbiran.

Pantauan salampapua.com, 30 mobil hias yang mengikuti pawai yang diawali dengan sholawat oleh ustad Abdul Muhtolib Elwahan dan Ustadz Damsir ini merupakan perwakilan dari masing-masing Dewan Kemakmuran Masjid (DKM)  serta beberapa paguyuban yang ada di Mimika.

Sebelum berkeliling kota Timika, puluhan mobil hias dan ratusan kendaraan yang memeriahkan juga berarak menuju kantor Pusat Pemerintahan (Puspem) Kabupaten Mimika di SP3, dilanjutkan dengan buka puasa terakhir bersama di Musolah Pemda.

Adapun rute pawai takbiran ialah dari kantor Puspem Mimika di SP3 menuju bundaran SP2, menuju bundaran Petrosea, belok kanan melalui jalan WR Supratman, belok kiri menuju Timika Mall dan belok kiri di jalan Yos Sudarso menuju lampu merah Katedral Tiga Raja, belok kiri menuju lampu merah Diana, kemudian belok melewati jalan Budi Utomo dan berakhir di halaman graha Eme Neme Yauware.

Sementara itu, selain mengawal pawai keliling, puluhan personel gabungan TNI-Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan (Dishub) juga menjaga di beberapa titik yang akan dilalui kendaraan pawai takbiran, yakni di bundaran SP2, bundaran Petrosea, lampu merah jalan Hasanudin tembusan SP5, lampu merah Timika Mall, lampu merah Katedral Tiga Raja, lampu merah Diana dan di halaman graha Eme Neme Yauware.

Penulis: Acik

Editor: Jimmy