SALAM PAPUA (TIMIKA) - Tokoh Perempuan dari Suku Kamoro, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Agustina mengatakan Kabupaten Mimika memiliki banyak tantangan namun yang paling utama adalah terkait minuman keras (Miras).

“Saya minta kepada semua pemangku kepentingan di Mimika untuk menghadapi semua tantangan-tantangan dengan serius, terlebih khusus Miras,” ujarnya kepada salampapua.com, Sabtu (13/4/2024).

Ia mengungkapkan, Miras banyak membunuh orang tua hingga anak-anak muda Mimika. Miras ini sangat merugikan, bukan hanya yang mengonsumsi tapi bisa juga semua orang.

“Saya lihat nyata didepan mata saya Miras membunuh anak-anak saya, entah meninggal karena kecelakaan saat mabuk atau meninggal karena mengonsumsi terlalu banyak. Bahkan saat mereka mabuk, tingkat kriminal akan semakin meningkat,” ungkapnya.

Menurut dia, untuk memberantas Miras di Mimika harus bersama-sama semua pemangku kepentingan dengan masyarakat. Untuk dirinya mengajak semua masyarakat agar ikut mengambil bagian dalam memberantas Miras.

“Saya minta kita sama-sama memberantas Miras, mungkin mulai dari kompleks seperti kami di Mapurjaya tidak mengizinkan anak-anak muda nongkrong sambil minum Miras. Banyak yang dapat dilakukan masyarakat untuk memberantas Miras, kalau masyarakat menolak dengan tegas saya yakin tantangan ini bisa kita selesaikan,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy