SALAM PAPUA (TIMIKA) - Sekretaris Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Mimika, Ardi mengungkapkan walaupun sekiranya diguyur hujan namun seluruh umat Muslim di Mimika tetap akan melaksanakan Salat Id, yang akan dilaksanakan di 81 titik di Kabupaten Mimika termasuk di tempat terbuka.

"Pada prinsipnya pelaksanaan Salat Id tidak memandang cuaca, meskipun dalam kondisi hujan tetap akan dilaksanakan di 81 titik yang telah ditentukan terdiri dari 76 Masjid, empat lapangan terbuka dan satu sekolah, itu termasuk yang di wilayah Freeport. Pendakwa di setiap titik merupakan pendakwa lokal, kalaupun ada yang didatangkan dari luar, itu tergantung keputusan masing-masing Dewan Kemakmuran Masjid (DKM)," ungkap Ardi kepada salampapua.com, Senin (8/4/2024).

Sementara itu untuk pawai malam takbiran akan dimulai sore hari, dengan titik start dari Masjid Baiturahman SP2, kemudian menuju kantor pusat pemerintahan (Puspem) di SP3 untuk berbuka puasa bersama terakhir, selanjutnya akan kembali ke wilayah kota dengan rutenya, yaitu jalan Cenderawasih, jalan WR Supratman menuju jalan Hasanudin, Timika Mall, jalan Yos Sudarso tembus Katedral Tiga Raja, belok kiri menuju lampu merah Diana, belok kiri dan berakhir di Eme Neme Yauware. Hingga saat ini telah ada sebanyak 34 mobil hias yang terdaftar.

"Memang ada puluhan mobil hias yang akan dilombakan, tetapi masih banyak juga mobil-mobil yang hanya ada spanduknya berpartisipasi untuk memeriahkan saja," tutupnya.

Untuk diketahui, berdasarkan prakiraan cuara menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Mimika menunjukkan bahwa hujan kapasitas ringan hingga sedang akan terjadi hingga beberapa hari ke depan.

Penulis: Acik

Editor: Jimmy