SALAM PAPUA (TIMIKA) - Warga Nawaripi Kilometer 5 Kelurahan Kamoro Jaya, Distrik Wania, Kabupaten Mimika, mengeluhkan banyaknya bangkai babi yang dibuang warga di kali belakang kompleks warga.

Hal ini dikeluhkan Yance yang merupakan salah satu warga di wilayah tersebut.

“Lebih dari 10 bangkai babi yang kami temukan di kali. Ini tidak benar, ada orang yang tidak bertanggung jawab membuang bangkai ini, bangkai ini sangat mengganggu kami, dari baunya saja sudah tercium tidak sedap,” ujarnya kepada salampapua.com, Jumat, (26/4/2024).

Menurutnya, kali ini terhubung dari kali depan Hotel Horison Ultima, mengalir ke kali Tower Telkomsel Nawaripi, kemudian ke kali SMA Taruna, tembus ke kali Lorong Torabika hingga mengalir ke kali Nawaripi KM 5 bahkan kali ini mengalir hingga ke SP1.

“Kami tidak tahu bangkai babi ini dari mana, karena kali ini terhubung dari kali di Hotel Horison Ultima hingga ke kali SP 1. Mungkin kemarin karena hujan deras, jadi bangkai ikut arus sampai di KM5, tapi ini tidak hujan jadi bangkai menumpuk di kali kami,” jelasnya.

Sementara warga lainnya, Adolf menyebutkan dirinya telah menghubungi Dinas Peternakan untuk meninjau lokasi tersebut dan mengevakuasi bangkai-bangkai babi tersebut.

“Saya sudah hubungi Dinas Peternakan untuk bagaimana bangkai-bangkai babi ini diangkat kah atau dibakar kah, karena baunya juga sudah sangat menyengat,” ujarnya.

Dia berharap Pemerintah bisa memberikan sanksi tegas kepada masyarakat yang tidak bertanggung jawab karena membuang bangkai babi ke aliran kali atau di sembarang tempat.

“Pemerintah harus lihat ini, ini sudah keterlaluan, bangkai babi di buang sembarangan, sudah banyak kasus kejadian seperti ini, bukan hanya di kali dan bukan hanya satu kali, tapi sudah banyak kejadian pembuangan bangkai babi di sembarang tempat,” tegasnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy