SALAM PAPUA (TIMIKA) - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Mimika menggelar pencanangan zona integritas, menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) Tahun 2024, yang dilaksanakan di Hotel Horison Ultima, Kamis (2/5/2024).

Kepala BPS Kabupaten Mimika, Ouceu Satyadipura mengatakan, hakekat dari pembangunan zona integritas adalah bagaimana instansi membangun dan mengimplementasikan Program Reformasi Birokrasi secara baik, sehingga mampu menumbuhkan budaya kerja birokrasi yang anti korupsi, dan budaya birokrasi yang melayani publik secara baik di satuan kerja.

"Siapun kita di sini adalah pelayanan masyarakat. Kita tidak bisa lagi memposisikan diri sebagai bos. Semakin tinggi jabatan kita, maka semakin tinggi kewajiban kita melayani," ujarnya.

Dikatakan, sejak terbitnya Permenpan-RB Nomor 60 Tahun 2012 dan diperbaharui kembali melalui Permenpan-RB Nomor 52 Tahun 2014 tentang Pembangunan Zona Integritas menuju WBK-WBBM, BPS secara cepat beradaptasi dengan instruksi tersebut.

Dengan pencanangan zona integritas yang dilakukan BPS RI sejak 2014, reformasi birokrasi yang dibangun tersebut mengalami beberapa penyesuaian yaitu terdapat delapan areal perubahan. Tetapi secara garis besar, BPS berupaya merubah sistem kerja, merubah sistem pelayanan dan SDM-nya.

"Kita di BPS siap untuk berubah. Bila tidak bisa berubah maka kita singkirkan, itu pesan BPS. Reformasi BPS dan keterkaitan dengan zona integritas telah sinergitas, dengan membuat suatu deskripsi yaitu implementasi program yang berintegrasi dengan visi dan misi BPS. Dan kami BPS sudah melakukan itu seluruh kegiatan itu dan melakukan pengukuran eksternal BPS melalui survei, untuk melihat sejauh mana BPS berguna untuk Pemerintah dan masyarakat,” jelasnya.

Pencapaian hasil survei ini cukup membanggakan. Tiga tahun terakhir pencapaian terhadap costumer memiliki nilai di atas 80 persen.  Bahkan di tahun 2023, BPS Mimika mendapat nilai 100 persen, dan pencapaian ini merupakan hasil peningkatan pelayanan statistik. Dan BPS saat ini, tidak hanya melihat pekerjaan rutin BPS, tetapi juga bertangung jawab memberikan pembinaan instansi terkait pengguna data statistik.

"Kami siap apabila ada OPD yang ingin meminta bantuan pembinaan, dalam rangka usulan data statistik di bidang masing-masing. Dan seluruh Ranperda pembangunan zona integritas BPS Mimika telah berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Ke depan akan dibangun kolaborasi dari berbagai stakeholder yang kuat,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Sampe S