SALAM PAPUA (TIMIKA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika mengundang para jurnalis di Timika dalam acara makan malam bersama, yang dilaksanakan di salah satu resto di Jalan Budi Utomo Timika, Jumat malam (10/5/2024), untuk menyampaikan hal-hal yang telah dilakukan dalam tahapan yang sedang berjalan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024.

Ketua KPU Mimika, Dete Abugau mengatakan bahwa KPU membutuhkan media dalam mempublikasikan informasi setiap tahapan Pilkada 2024. Di samping itu dia berharap ke depannya media dapat mendukung kesuksesan pelaksanaan Pilkada yang tidak lama lagi dilaksanakan.

“Hari ini kita mau santai saja, kita ketemu teman-teman (Jurnalis) untuk membicarakan tahapan-tahapan yang telah KPU lakukan,” ujar Dete.

Koordinator Divisi (Koordiv) Teknis KPU Mimika, Fransiskus Xaverius Ama mengatakan, saat ini dari Divisi Teknis telah melakukan tahapan untuk pendaftaran calon Bupati dari jalur perseorangan (independen), dan hingga saat ini masih satu calon yang mendaftarkan diri.

“Ada satu calon yang melaporkan, namun kami ingatkan untuk calon independen harus memasukan semua berkas di Aplikasi Silonkada, untuk dapat kami verifikasi,” jelasnya.

Koordiv Data KPU Mimika, Budiono menjelaskan, dari Divisi Data telah mulai melakukan pemutahiran data, meskipun jadwalnya seharusnya dilakukan pada Bulan Juni.

“Kami belajar dari tahapan Pemilu lalu dimana tahapan sudah jalan namun data pemilih tidak disiapkan dengan baik. Dampaknya banyak yang memiliki KTP tidak dapat memilih (menggunakan hak suara), jadi kami akan memberikan sosialisasi dimana yang berhak memilih adalah warga yang memiliki KTP bukan yang memiliki undangan,” ungkapnya.

Koordiv Hukum KPU Mimika, Hironimus Kia Ruma mengatakan, saat ini Divisi Hukum telah menetapkan penasehat hukum, untuk ke depannya dapat mendampingi KPU dari awal tahapan sampai dengan akhir Pilkada.

“Karena hasil Pilkada ini belum pernah menang tanpa melalui MK, selalu berakhir dengan putusan MK, maka kami berharap potensi-potensi sengketa ataupun gugatan itu sudah kita minimalis, jadi ke depannya tahapan dapat berjalan dengan baik,” jelasnya.

Koordiv SDM dan Humas KPU Mimika, Delince Somou menjelaskan, untuk Divisinya hingga saat ini masih melakukan penjaringan untuk Panitia Pemilihan Distrik (PPD) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pilkada 2024.

“Saat ini kita masih melakukan tahapan penjaringan. Jadi ada sekitar 200 lebih calon PPD yang telah masuk dalam tahapan wawancara. Kemudian untuk PPS masih dalam tahapan administrasi, dan kami masih belum mengetahui jumlah keseluruhan yang mendaftar,” tuturnya.

Dalam hal ini, tahapan Pilkada 2024 yang dilakukan KPU Mimika akan disesuaikan dengan surat edaran dari KPU RI.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy