SALAM PAPUA (TIMIKA) - Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Mimika Drs. H. Dwi Cholifah, MSi menjelaskan, saat ini pihaknya terus melakukan persiapan untuk lomba Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-30 se-Papua.

Persiapan yang dilakukan dimulai dari permintaan pembukaan MTQ ke-30 kepada LPTQ Provinsi Papua, dimana permintaan pembukaan MTQ dapat dilakukan oleh Wakil Presiden, Maruf Amin.  Namun apabila nantinya ada perubahan maka akan digantikan oleh Mentri Agama.

“Kemarin saya menyurati Kanwil Kementrian Agama, kalau memang Pak Wakil Presiden tidak dapat membuka nanti digantikan Menteri Agama, nanti dari Kanwil yang menindaklanjuti kembali,” ujarnya saat ditemui di Sekretariat Panitia MTQ di Jalan Hasanuddin, Sabtu (18/5/2024)

Untuk selanjutnya persiapan yang dilakukan saat ini lanjut Dwi, yaitu membagi setiap anggaran kepada masing-masing bidang.  Di mana pada pembagian anggaran sebelumnya telah melebihi Pagu anggarannya, sehingga pihaknya akan mengkoordinasikan kembali atau merasionalkan setiap anggaran.

“Nah ini usulan dari setiap bidang telah melebihi dari pagu anggaran kami, sehingga kami akan koordinasikan lagi. Seperti akomodasi atau konsumsi dan bidang-bidang lainnya akan kita rasionalisasikan kembali anggarannya,” jelas Dwi.

Menurutnya, bukan hanya proses penyelenggaraan yang akan disukseskan LPTQ Mimika, namun jelas LPTQ akan mensukseskan prestasi dari para kafilah Kabupaten Mimika yang nantinya akan bertanding dalam MTQ ke-30, sehingga nantinya awal Juni LPTQ Mimika mendatangkan pelatih dari Makasar.

 menyukseskan MTQ ke-30 se-Papua, sehingga diharapkan semua bidang dapat saling berkoordinasi dengan baik. Karena nantinya semua bidang akan saling berkaitan,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Sianturi