SALAM PAPUA (TIMIKA) - Saat bepergian, terutama ketika mudik, mencari restoran tentu menjadi kesulitan tersendiri. Apalagi, bila daerah yang kita lewati tidaklah familier.

Lantas, bagaimana kita bisa menilai apakah sebuah restoran layak atau tidak untuk dikunjungi? Sementara kita belum pernah bersantap di sana sebelumnya.

Tenang saja, ada beberapa tips yang bisa jadi kamu lakukan untuk menentukan mana restoran yang layak disambangi. Dilansir Reader’s Digest, berikut ulasan selengkapnya:

1. Perhatikan tempat parkirnya

Sebelum memilih restoran, perhatikan terlebih dahulu tempat parkirnya. Bila tempat parkirnya kotor dipenuhi sampah, bekas rokok, bahkan berhadapan langsung dengan bak sampah sebaiknya jangan menepi.

Tempat parkir, jendela, dan pintu yang kotor menandakan bahwa restoran tersebut tidak fokus pada kebersihan. Tak menutup kemungkinan, bila area tempat makan dan dapur tempat menyiapkan makanan juga tak dijaga kebersihannya.

2. Perhatikan ekspresi para pelayan

Baik buruknya manajemen sebuah restoran juga bisa dilihat dari ekspresi para pegawainya. Bila hampir semua pelayannya berwajah murung dan bersikap tak acuh, bisa jadi restoran yang kita kunjungi punya kualitas yang buruk.

Jika ‘tampak depan’-nya saja sudah tidak memperlihatkan ketidakpedulian, bisa saja hidangan yang kita pesan juga dimasak dengan asal-asalan.

3. Lihat ulasan dari para pengunjung lainnya

Saat ini, sudah banyak restoran yang punya profil internet. Bahkan, aplikasi yang memungkinkan para pengunjung untuk menuliskan ulasannya juga sudah ada.

Nah, kita bisa menggunakannya sebagai acuan sebelum berkunjung ke restoran tersebut. Hanya saja, perhatikan apakah kebanyakan ulasan yang ditulis berasal dari influencer atau pengunjung asli.

Bila banyak influencer yang menulis ulasan positif di media sosial tapi ulasan dari pengunjung berkata sebaliknya, kemungkinan besar kualitas dari restoran itu tak begitu baik.

4. Cium aroma restoran

Bau yang menguar dari ruangan restoran juga bisa menentukan tingkat kebersihannya. Bila mencium bau kurang sedap, minyak basi, makanan gosong, atau bau lain yang menyengat hidung— sebaiknya putar balik dan cari restoran lain.

Dapur dan restoran yang mengutamakan kebersihan, pasti akan membersihkan kulkas dan kompor secara rutin sehingga mencegah timbulnya bau tak sedap.

5. Intip area dapurnya

Area dapur adalah tempat paling sakral dari sebuah restoran. Meski jadi tempat tersibuk, namun higienitas dan kerapihannya tetap harus terjaga.

Jika dapur restoran yang kamu kunjungi bersih dan terorganisir, bisa dipastikan bahwa manajemen restorannya berjalan dengan baik. Hidangan yang disajikan pun terjamin tingkat kesehatannya.

6. Lihat buku menunya

Tampilan buku menu rupanya juga bisa dijadikan acuan menilai kualitas sebuah restoran, lho. Buku atau lembaran menu yang sobek, kotor, atau lecek menandakan bahwa mereka tak memperhatikan kebersihan lingkungan restoran.

Apalagi bila banyak noda yang menempel di permukaannya, itu artinya pihak restoran cenderung mengabaikan detail-detail yang ada di tempat usahanya tersebut.

7. Perhatikan pengunjung lainnya

Salah satu hal yang wajib diperhatikan saat berkunjung ke sebuah restoran pertama kali adalah ekspresi dari pengunjung lainnya. Apakah mereka tampak puas dengan hidangan yang mereka santap, atau justru sebaliknya.

Setidaknya, kita bisa mengira-ngira bagaimana cita rasa dari makanan yang kita pesan dari reaksi mereka.

Itulah tadi, beberapa hal yang bisa menjadi acuanmu saat akan memilih restoran. Semoga tips ini membantu, ya!.

Sumber: kumparan food

Editor: Sianturi