SALAM PAPUA (TIMIKA) - Ummat Buddha di Timika berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika membantu pembangunan Vihara Bodhi Mandala, di Jalan Hasanuddin Timika, Kabupaten Mimika, Papua Tengah.

Upasaka Pandita Kanta dhammo, Kartyadi mengatakan, pada perayaan hari Waisak 2568 ini, Ummat Buddha di Timika berharap Pemkab Mimika dan stakeholders lainnya dapat memberikan bantuan sehingga dapat melanjutkan pembangunan Vihara Bodhi Mandala.

“Vihara Bodhi Mandala yang kami bangun saat ini masih berproses. Harapan kami Pemkab dan segala pihak yang sekiranya dapat membantu kelangsungan pembangunan ini,” ujarnya usai Ibadah Waisak, Kamis (23/5/2024).

Ia menjelaskan, pembangunan Vihara Bodhi Mandala ini telah berjalan kurang lebih 65 persen yang dibangun sejak tahun 2022, dimana pembangunan membutuhkan anggaran sekita Rp 9 Miliar.

“Kami sih belum punya target kapan selesai, kita jalan pelan-pelan yang penting prosesnya berjalan. Dari perhitungan awal, kami membutuhkan Rp 7 Miliar, namun kami hitung-hitung lagi kurang lebih Rp 9 Miliar yang kami butuhkan,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, untuk keseluruhan Ummat Buddha di Mimika sekitar 200 orang, dan semua telah didaftar di Vihara Bodhi Mandala.

“Kami di Timika sudah mencapai 200 orang, hanya ketika hari-hari besar begini sebagian ada yang juga pulang kampung merayakan Waisak dengan keluarga,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy