SALAM PAPUA (TIMIKA) – Waanal Brothers FC (WBFC) Mimika melenggang ke babak 16 Besar Liga 3 Nasional 2023/2024 setelah berhasil menundukkan Labura Hebat FC, 4 goal tanpa balas pada pertandingan terakhir grup 4 babak 32 besar yang digelar Stadion Wiradadaha, Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu sore (15/5/2024).

Klub sepakbola asal kampung Waa Tembagapura, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, bentukan Four Brothers (Ray, Joe, Jason, Randy Manurung) yang merupakan Anak Gunung Tembagapura (AGuTe) ini bertengger di posisi teratas grup 4 babak 32 besar dengan poin 7 (selisih gol +10), dan menyusul di posisi kedua, sesama tim asal Papua, Persipani Paniai dengan poin 7 (selisih gol +4) yang juga lolos ke babak 16 Besar.

Tampak setelah pertandingan, Titus Natkime sebagai salah satu anak adat Suku Amungme kelahiran Kampung Waa Distrik Tembagapura, yang juga merupakan salah satu pendiri merangkap pembina WBFC Mimika, memberikan arahan dan supportnya kepada para pemain-pemain muda berbakat WBFC Mimika.

Adapun empat gol WBFC Mimika pada laga pamungkas tersebut, 2 gol disumbangkan oleh Muhammad Bahari (11) di menit ke-16 dan 37, oleh Dwi Cahyono (17) di menit ke-51, dan oleh Afrizal (6) di menit ke-83.

Pelatih Kepala WBFC Mimika, Sahala Saragih mengaku sangat bersyukur dengan kemenangan ini dan lolos ke babak 16 besar melalui jalur yang positif.

Sahala menyebutkan bahwa sebelumnya anak-anak asuhannya telah benar-benar siap untuk memenangkan pertandingan terakhir babak 32 Besar dan menjadi juara grup 4 (dengan mencatatkan dua kali menang dan satu kali draw).

"Kemenangan atas Labura Hebat FC ini menjadi energi dan motivasi untuk melangkah ke babak 16 besar. Hari ini sangat bersyukur semua pemain WBFC Mimika tidak ada yang mendapatkan kartu," katanya.

Mantan Pelatih Persemi Mimika ini mengungkapkan, mengingat WBFC Mimika lolos ke Babak 16 besar Liga 3 Nasional, maka WBFC Mimika pun memperoleh suara untuk masuk pada Kongres PSSI 2024.

"Makanya kita tetap memohon doa dari seluruh pecinta bola di tanah Papua dan khususnya di Mimika supaya WBFC dapat terus memberikan yang terbaik di babak 16 Besar nanti dan di babak-babak selanjutnya," tutupnya.

Diketahui, Babak 16 Besar Liga 3 Nasional 2023/2024 akan digelar pada tanggal 19-24 Mei 2024 dengan format setengah kompetisi, yang tersisa 4 grup dan masing-masing grup terdiri dari 4 tim. Juara dan Runner Up Grup akan lolos ke Babak 8 Besar.

Penulis: Acik

Editor: Jimmy