PT. Freeport Indonesia Beri Pelatihan Life Skills Bagi Guru-Guru SMK di Mimika

Bagikan Bagikan
Foto bersama beberapa peserta kegiatan (Foto:SAPA/Jefri)

SAPA (TIMIKA) – PT. Freeport Indonesia (PTFI) melalui Institut Pertambangan Nemangkawi (IPN) dengan PT United Tractors tbk. site Freeport mengggelar pelatihan atau Training TOT Life skills untuk guru-guru SMK se-Kabupaten Mimika.

Pelatihan ini digelar di kampus Politeknik Amamapare jalan C Heatubun Timika selama 2 hari, Rabu-Kamis (25-26/8/2021).

Soleman Faluk selaku Senior Manager Institut Pertambangan Nemangkawi mengatakan, pelatihan life skills ini melibatkan seluruh sekolah menengah kejuruan (SMK) di Kabupaten Mimika yang dibagi dalam dua gelombang.

"Fokus pelatihan kita ini adalah bagi guru bagian konseling dan bagian kesiswaan, karena ini berhubungan dengan kurikulum nasional di tingkat SMK, khususnya soft skills yang dipraktikkan di dunia industri, sehingga diharapkan guru- guru yang mendapatkan pelatihan ini bisa mentransfer itu kepada siswa sehingga dapat merubah mindset para siswa, bagaimana menghargai orang, komunikasi yang baik, bagaimana kita bisa merespon orang dengan baik. Jika nilai ini diajarkan di sekolah tentunya lulusan SMK siap dipakai untuk bekerja," terangnya.

Soleman menuturkan, dalam dunia industri terdapat 3 hal penting yang perlu diketahui yakni pengetahuan, skill atau keterampilan dan karakter atau perilaku.

"Secara umum SDM kita  memiliki pengetahuan dan skill cukup bagus, yang perlu ditingkatkan adalah karakter atau perilakunya. Untuk itu kita hadir untuk memperkuat itu, karakter yang baik merupakan nilai yang paling penting dalam dunia industri," ungkapnya.

Mengimplementasikan aspek-aspek tersebut tidaklah mudah, oleh karenanya guru harus memiliki keterampilan yang baik sehingga bisa menerapkan aspek tersebut kepada siswa-siswa sehingga dapat mencetak lulusan terbaik yang siap dipakai.

Dia menambahkan, PTFI sangat berkomitmen untuk meningkatkan SDM di Mimika, sehingga PTFI mensupport penuh dengan harapan lulusan SMAK di Mimika bisa diprioritaskan untuk bekerja di berbagai perusahaan di Mimika.

Sementara itu Ketua MKKS Mimika, John Lemauk mengatakan, pelatihan life skills seperti ini diharapkan terus dilakukan untuk meningkatkan SDM di Kabupaten Mimika.

"Kita harapkan pelatihan ini dapat meningkatkan skill dari para guru yang kemudian di implementasikan kepada para siswa sebagai generasi ke depan," ujarnya.

Selaku ketua MKKS, John mengapresiasi PTFI yang terus berkomitmen untuk meningkatkan SDM di Mimika. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar