SALAM PAPUA (TIMIKA) - DPRD Kabupaten Mimika berencana akan melakukan peninjauan ke beberapa program fisik yang dikerjakan menggunakan APBD 2022 di Wilayah Pegunungan Kabupaten Mimika.

Ketua DPRD Kabupaten Mimika Anton Bukaleng mengungkapkan, dalam waktu dekat DPRD akan melakukan kunjungan kerja bersama dengan pihak Pemerintah Kabupaten Mimika untuk melihat secara langsung progres pekerjaan fisik di wilayah pegunungan.

“Rencana ini sudah disampaikan ke Dinas PUPR, Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan. Kami ingin ajak Kepala Dinas saja, supaya dia (Kadis) bisa lihat juga progres pekerjaan di sana. Selama ini dia (Kadis) hanya mendapat informasi dari petugas di lapangan, jadi kali ini kita turun sama-sama,” ujar Anton saat diwawancarai di Kantor DPRD Mimika, Jumat (24/3/2023).

Pasalnya dari APBD 2022, ada beberapa pembangun telah didorong ke wilayah Aroanop, Alama/Bela, Hoeya, Jila, dan Tsinga, seperti jembatan sekolah dan rumah sakit.

“Jadi kita lihat hasil survei nanti. Jika ada yang belum rampung, kita akan dorong lagi anggarannya di APBD Perubahan 2023. Kami juga akan memastikan bahwa pembangunan di pedalaman bisa berjalan dengan baik, sehingga masyarakat di sana dapat merasakan hal yang sama seperti di kota,” jelasnya.
Mengenai transportasi, menurut Anton, dirinya telah berkoordinasi dengan pihak PT Freeport Indonesia (PTFI), tinggal menunggu kesiapan Pemkab Mimika.

“Kita sudah berkordinasi dengan PTFI, mudah-mudahan bisa terealisasi secepatnya. Kita tinggal menunggu kesiapan dari Pemkab, kalau sudah oke kita langsung jalan. Ini juga kita masih menunggu (informasi) situasi keamanan yang ada di wilayah pegunungan,” tutupnya.

Wartawan: Evita
Editor: Jimmy