SALAM PAPUA (TIMIKA) - Kepala Bagian (Kabag) Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Setda Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Bambang Wicaksono mengatakan bahwa paket pekerjaan yang terdaftar untuk proses pelelangan hingga akhir Maret 2023 sekitar 20 paket lebih.

"Kalau yang non tender ini sekitar 70 sampai 80 paket dan sudah diproses semua, karena tidak terlalu panjang prosesnya," ujarnya, Jumat (31/3/2023).

Adapun paket tender yang telah masuk dan selesai diproses yakni pembangunan Instalasi Rawat Darurat (IRD) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

"Yang pasti tiap hari itu ada 3 sampai 4 paket. Untuk progresnya cepat atau lambat kita tidak bisa pantau, karena sebelumnya dilakukan di OPD masing-masing," jelasnya.

Ia menambahkan, mekanisme pengadaan semuanya sudah dilakukan secara digitalisasi. Jika ada OPD yang siap melakukan lelang, maka akan ada pemberitahuan melalui email kepada dirinya selaku Kepala Bagian UPBJ yang berperan sebagai penerima delegasi dari Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) di OPD setelah mereka unggah data dan syarat di LPSE.

Dijelaskan, setelah dilakukan delegasi kepada dirinya, maka dirinya yang akan menunjuk Kelompok Kerja (Pokja) pengadaan melalui sistem.

“Jadi semua sudah melalui sistem, melalui email. Kalau manual tidak bisa, harus melalui email dari saya,” tutupnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy