Bangunan SMPN 2 Dekai yang terbakar (Foto:Istimewa)

SALAM PAPUA (TIMIKA) – Bangunan SMPN 2 Dekai, Kabupaten Yahukimo, hangus terbakar sekira pukul 01.25 WIT, Kamis (16/3/2023).

Kapolres Yahukimo, AKBP Arief Kristanto,S.H.,S.I.K.,M.Si dalam rilis Humas Polda Papua menyebutkan, pihaknya dibantu aparat TNI langsung merespon setelah menerima laporan aparat Brimob Polda Papua.

“Saat kejadian tersebut, kemudian terdengar laporan melalui Hanie Talkie (HT) dari Personel Brimob Polda Papua bahwa adanya api yang cukup besar bersumber dari bangunan SMP N 2 Dekai. Mendengar laporan tersebut, personel kemudian langsung bergerak untuk merespon ke TKP untuk melakukan pengamanan serta pemadaman api,” ungkapnya.

Upaya pemadaman terkendala dengan kurangnya fasilitas, ditambah kobaran api terlalu besar dan merambat dengan cepat.

Pihaknya juga telah mengamankan 2 orang untuk dimintai keterangan terkait kejadian tersebut yakni MW (26) dan EM (14) guna penyelidikan lebih lanjut penyebab dan motifnya.

Dari hasil olah TKP ditemukan barang bukti berupa 1 (satu) lembar seng, 1 (satu) balok kayu dan 1 (satu) komputer yang dalam kondisi hangus terbakar yang diamankan guna proses identifikasi.

“Kasus ini masih kami lakukan penyelidikan dan berdasarkan keterangan pihak sekolah kerugian ditafsir mencapai kurang lebih Rp 2.000.000.000,- (Dua Miliyar Rupiah)," jelasnya.

Lebih lanjut disampaikan, ke depannya aparat Gabungan akan lebih meningkatkan Patroli di jam-jam rawan serta lebih memperluas lokasi penelusuran terlebih pada area sekolah di Kota Dekai guna mengantisipasi hal-hal seperti itu.

“Kami juga telah mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk dapat membantu meningkatkan Kamtibmas dengan mengaktifkan Pos Kamling dan pemberlakuan tamu wajib lapor pada daerah masing-masing,” tutupnya.

Wartawan : Acik

Editor : Jimmy