SALAM PAPUA (TIMIKA) – Jelang Perayaan Nyepi Tahun Barau Saka 1945 tanggal 22 Maret 2023, ratusan umat Hindu di  Kabupaten Mimika menggelar Tawur Agung Kesenga di Pura Mandhira Mihika Mandaloka DS Wonosari Jaya SP IV, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, sekira pukul 17.30 WIT, Selasa (21/3/2023).

Ketua Parisado Hindu Sharma Indonesia (PHDI) Mimika, Nyoman Dwi Tana menjelaskan bahwa tawur agung Kesenga digelar dalam rangka membersihkan Bhuana Agung dan Bhuana Alit sesuai konsep Tri Hita Karana.

Bhuana alit itu untuk hal-hal yang datang dari dalam diri sendiri, dan Bhuana Agung yang bersumber dari lingkungan.

“Ini merupakan Tawur Agung sebagai rangkaian dari Nyepi. Sebelumnya tadi pagi kita sudah laksanakan melasti di laut Poumako yang  bertujuan membersihkan diri dalam mempersiapkan tahun baru. Ini sebagai implementasi dari Tur Hita Karana yaitu hubungan baik antara dengan Tuhan, sesama manusia dan lingkungan,” ungkap Nyoman.

Melalui rangkaian ini diharapkan perayaan tahun baru saka bisa dirayakan dengan catur bharata penyepian, yaitu mati Karyo atau tidak bekerja, tidak jalan-jalan, tidak mencari hiburan dan tidak menyalakan api.

“Intinya kita berdiam diri atau introspeksi diri. Jadi tanggal 23 Maret itu kita salam-salaman ke rumah-rumah,” ujarnya.

Pantauan salampapua.com, tawur agung Kesenga ini dihadiri Plt Bupati Mimika Johannes Rettob, Ketua  FKUB Ignasius Adii, Kepala Kesbangpol Yan Slamet Purba dan Kapolres Mimika AKBP I Gede Putra.

Ketua FKUB Ignasius Adii dalam sambutannya mengucapkan selamat hari raya Nyepi Tahun Barau Saka 1945 bagi seluruh umat Hindu di Mimika.

Dia berharap umat Hindu bisa memberi kemakmuran bagi umat beragama lainnya. Perayaan Nyepi Tahun Barau Saka 1945 ini bisa memberi contoh bagi agama lainnya.

“Selamat merayakan Perayaan Nyepi Tahun Barau Saka 1945. Kehadiran umat Hindu di Timika sudah sangat luar biasa,” ungkapnya.

Wartawan : Acik

Editor : Jimmy