SALAM PAPUA (TIMIKA) – Dampak dari menipisnya pasokan membuat lonjakan harga sayur-sayuran khususnya wortel dan kol di Pasar Sentral Timika, Papua Tengah.

Salah seorang pedagang sayuran di Pasar Sentral Timika, Wati mengatakan bahwa kosongnya stok selama tiga hari terakhir membuat dirinya menaikkan harga wortel dan kol.

"Kol juga lagi naik, biasa Rp 15 ribu sekarang Rp 25 ribu per kg. Wortel juga, sekarang Rp 25 ribu per kg. Sudah tiga hari ini (naiknya), lagi pada kosong," ungkapnya kepada salampapua.com, Senin (10/4/2023).

Senada dengan Wati, salah seorang penjual sayur La Ode mengaku jika kapal pengirim sayur-sayuran tersebut belum masuk jelas harganya naik, karena pasokan lokal belum dapat memenuhi dan tergolong lebih mahal.

“Biasanya kalau yang kita jual agak mahal itu karena sayurnya sayur lokal, kita juga ambilnya mahal, tapi memang lebih segar,” ujarnya.

Tak hanya kol dan wortel, Ode menambahkan, beberapa komoditas lain seperti daun selada dan daun bawang juga ikut meningkat harga jualnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy