SALAM PAPUA (JAKARTA) – Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) Megawati Soekarno Putri secara resmi mengumumkan dan menetapkan Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden Indonesia Periode 2024-2029.

Megawati Soekarnoputri mengumumkan penetapan Calon Presiden Indonesia ini pada Rapat Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan yang dilaksanakan di Istana Batu Tulis, Bogor, Jumat (21/4/2023), yang juga turut dihadiri dan didampingi oleh Presiden Indonesia Joko Widodo serta sejumlah elit partai lainnya seperti Ketua DPR RI Puan Maharani, Sekjend PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, dan Prananda Prabowo, serta diikuti oleh seluruh kader partai di seluruh Indonesia melalui aplikasi zoom.

Dalam siaran langsung yang ditayangkan melalui kanal Youtube PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri mengatakan, berdasarkan kongres ke-5 PDI Perjuangan dimana dirinya mendapat mandat dan hak prerogatif sebagai Ketua Umum untuk menetapkan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden yang akan diusung oleh PDI Perjuangan, serta melalui hasil dialog dengan para tokoh bangsa termasuk Presiden Jokowi dan jajaran internal partai, dirinya menetapkan Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden Republik Indonesia

“Di hari Kartini ini pada 21 April 2023, pada jam 13.45 WIB, dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim menetapkan saudara Ganjar Pranowo, yang sekarang adalah Gubernur Jawa Tengah sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasannya sebagai calon Presiden Republik Indonesia dari PDI Perjuangan,” ungkapnya.

Megawati juga menugaskan Prananda Prabowo dan Puan Maharani dalam upaya pemenangan PDI Perjuangan pada Pemilu dan Pilpres tahun 2024.

“Selanjutnya, saya menugaskan mas Prananda Prabowo selaku kepala situation room dengan memberikan mandat untuk melakukan monitoring terhadap dinamika politik nasional bagaimana konsolidasi partai dijalankan dan pemenangan untuk Pemilihan Umum 2024. Demikian halnya dengan mbak Puan Maharani, Ketua DPP dan sekaligus Ketua DPR RI, saya juga memberikan mandat penugasan untuk membentuk tim yang dibutuhkan guna memenangkan Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif tahun 2024,” ujarnya.

Dalam hal ini, Megawati pun menyampaikan kepada seluruh kader dan simpatisan PDI Perjuangan serta memberikan instruksi melalui perintah harian kepada Tiga Pilar Partai untuk segera bergerak dan bekerja keras turun ke bawah menyapa akar rumput memenangkan Pemilu 2024.

“Segera kibarkan Bendera Banteng Moncong Putih nomor 3 di rumah kalian masing-masing, bukalah posko gotong-royong, dan jagalah Bendera Moncong Putih nomor 3 sebagai lambang semangat dan energi perjuanganmu,” tegasnya.

Wartawan/Editor: Jimmy