SALAM PAPUA (TIMIKA) – Sebanyak 295 siswa dan siswi kelas XII SMK Negeri 3 Mimika akan mengikuti acara pelepasan dan penamatan yang dilaksanakan di Gedung Eme Neme Yauware Timika, Kamis (4/5/2023).

Hal ini disampaikan Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Mimika John Lemauk saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (3/5/2023).

Acara penamatan ini diselenggarakan sebelum pengumuman kelulusan siswa-siswa SMK yang akan digelar pada tanggal 5 Mei 2023.

“Besok kami akan melepaskan 295 anak, mereka ini yang kami usulkan resmi ke pusat sebagai peserta ujian berbasis nasional tingkat SMK khusus wilayah Timika,” ujar John yang juga sebagai Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) di Kabupaten Mimika.

John mengungkapkan, 295 siswa ini terdiri dari jurusan Perawat sebanyak 132 orang, Teknologi laboratorium medis 78 orang, dan Farmasi 88 orang.

“Memang sebelumnya sebanyak 308 anak namun setelah berjalannya waktu, ada anak yang tidak pernah lagi masuk sekolah dan keberadaannya tidak diketahui, sehingga pihak sekolah mengusulkan ke Data Pokok Pendidikan (Dapodik) hanya 295 siswa,” ungkapnya.

Dia menambahkan, sesuai kalender pendidikan di seluruh Indonesia, penetuan kelulusan siswa akan dilaksanakan pada tanggal 5 Mei 2023.

“Memang kami beri jarak sehari sebelum mendengar kelulusan. Acara penamatan lebih dulu dilakukan agar semua siswa bisa mengambil bagian, jika kelulusan lebih dulu dilakukan, saat penamatan para siswa tidak begitu menghayati, dan kami pun berharap siswa dan siswi SMK Negeri 3 bisa lulus 100 persen,” tutupnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy