SALAM PAPUA (TIMIKA) - Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Mimika, Gate Tebay mengatakan bahwa 35 anggota Dewan sejak hari ini, Jumat (19/5/2023), hingga lima hari ke depan akan mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Jakarta.

“Hari ini semua Dewan berangkat ke Jakarta akan mengikuti Bimtek selama lima hari,” ujarnya saat ditemui di Kantor DPRD Mimika, Jumat (19/5/2023).

Menurut Gate, Bimtek tersebut wajib diikuti oleh semua anggota dewan tanpa terkecuali, karena menyangkut dengan regulasi yang sering berubah-ubah setiap tahun.

“Karena tugas dewan adalah mengawasi, jadi mereka harus paham betul soal regulasi,” jelasnya.

Gate berharap Bimtek ini bisa diikuti dengan baik oleh anggota dewan sehingga regulasi yang berubah-ubah bisa benar-benar dipahami.

“Bimtek ini hanya berlangsung satu kali dalam setahun, karena aturannya sudah seperti itu. Kita berharap bagian keuangan dari Kemendagri pun bisa ikut memberikan Bimtek, sebab regulasi yang berubah-berubah inilah yang sering menuai komplain dari dewan,” ungkapnya.

Dia pun mencontohkan seperti terkait pemotongan gaji dewan yang dibahas sebelumnya menuai protes dan komplain dari Anggota Dewan, padahal hal itu terkait dengan regulasi atau peraturan yang ditetapkan oleh Pusat.

“Harapan kami ada input yang diperoleh setelah Bimtek, para dewan bisa lebih paham terhadap regulasi dan pengawasan pun bisa berjalan dengan baik,” ujarnya.

Menurut dia, Bimtek tersebut seharusnya dilakukan di awal tahun, namun karena untuk menyesuaikan dengan agenda dewan yang padat, akhirnya baru terlaksana saat ini.

“Ini Bimtek sebenarnya terlambat dikarenakan banyaknya agenda dewan, apalagi mereka yang ingin maju kembali pada 2024, sehingga mereka sibuk mengurus administrasi Bacalegnya, karena pendaftaran berlangsung di KPU sejak 1-15 Mei,” tutupnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy