SALAM PAPUA (TIMIKA) – Politeknik Amamapare Timika melakukan penandatanganan nota kesepahaman kerjasama atau Memory of Understanding (MoU) dengan Pemerintah Kampung Mawokauw Jaya Distrik Wania, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, yang dilaksanakan di kantor Pemerintah Kampung Mawokauw Jaya, Kamis (11/5/2023).

Kesepakatan kerjasama tentang Pembangunan Desa Binaan ini bertujuan untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan pemberdayaan potensi masyarakat di wilayah Kampung Mawokauw Jaya yang dapat bermanfaat dalam mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat berbasis optimalisasi potensi sumber daya yang ada melalui SDM di Politeknik Amamapare Timika sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta dunia usaha dan dunia industri dalam bentuk Tridharma Perguruan Tinggi.

Kepala Kampung Mawokauw Jaya, Eddy Rafra dalam sambutannya menyambut baik kerjasama ini.

Dia mengaku bahwa Kampung Mawokauw Jaya merupakan kampung percontohan di Provinsi Papua, sehingga dia berharap kehadiran dosen dan mahasiswa Politeknik Amamapare Timika khususnya dalam setiap pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dapat semakin menumbuhkembangkan pembangunan di kampung, termasuk di dalamnya semakin meningkatkan hubungan baik antara pemerintah kampung dengan masyarakat setempat.

“Atas nama Pemerintah Kampung Mawokauw Jaya, saya sampaikan terima kasih atas terlaksananya penandatanganan MoU ini. Situasi dan kondisi di kampung ini sangat aman, sehingga kami berharap para dosen dan mahasiswa Politeknik Amamapare Timika dapat menerima keadaan kampung ini apa adanya dan melalui kegiatan-kegiatan sebagai implementasi dari Tridharma Perguruan Tinggi dapat menjaga kebersamaan dengan masyarakat, memfasilitasi peningkatan hubungan masyarakat dengan pemerintah kampung, serta dapat mengembangkan berbagai potensi yang ada di kampung ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Politeknik Amamapare Timika, Ir. Herman Dumatubun,S.T,M.T juga turut menyampaikan terima kasihnya kepada Pemerintah Kampung Mawokauw Jaya yang telah bersedia melakukan kerjasama dengan Politeknik Amamapare Timika.

Herman mengungkapkan, setiap dosen dan mahasiswa mempunyai tugas dan kewajiban pokok dalam merealisasikan pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi setiap semester. Untuk itu, selain di dalam kampus, pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi di luar kampus, khususnya dengan mitra yang telah ada MoU-nya, akan menunjukkan peran kampus yang konkrit di tengah-tengah masyarakat, khususnya di Kabupaten Mimika.

“Pelaksanaan tugas pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat oleh dosen dan mahasiswa dengan mitra yang sudah terikat MoU dengan kampus pastinya akan memberi banyak peluang bagi pengembangan dosen dan mahasiswa itu sendiri, termasuk juga akan menambah poin bagi kampus. Dalam hal ini, melalui keberadaan 5 Prodi di Politeknik Amamapare Timika yakni Prodi Teknologi Rekayasa Otomotif, Teknologi Rekayasa Instalasi Listrik, Teknologi Rekayasa Internet, Teknik Sipil dan Teknik Pertambangan, akan menjadi kompetensi-kompetensi yang sangat strategis dalam memberikan solusi bagi pengembangan kampung Mawokauw Jaya,” tuturnya.

Wartawan/Editor: Jimmy