SALAM PAPUA (TIMIKA) - Naufal Rizqie, pelajar SD Katolik Santa Maria Timika meraih Juara I lomba bercerita cerita rakyat yang digelar oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah tingkat SD/MI se-Kabupaten Mimika 2023.

Dalam lomba tersebut, pelajar yang sering disapa Kiki itu menceritakan legenda Rakyat Jawa Barat yang berjudul Asal Mula Telaga Warna.

“Saya senang dengan cerita itu, memang saya suka baca cerita itu, dan lebih menarik awalnya itu saya dikasih mama buku tentang Danau Toba tapi saya tidak suka,” ujar Naufa usai pembacaan pemenang lomba di Horison Ultima Timika, Selasa (20/6/2023).

Kiki mengakui, dirinya dibantu mamanya saat berlatih. Untuk mengikuti lomba bercerita ini, dia membutuhkan waktu selama 5 hari untuk berlatih.

“Mama bantu untuk gambarkan ulang ceritanya, jadi saya lebih paham saat mempraktikkan ulang ceritanya. Ibu guru juga bantu dengan menemani saya latihan di sekolah,” jelasnya.

Anak keempat dari lima bersaudara itu mengungkapkan bahwa dirinya sempat tidak mau mengikuti lomba bercerita, tapi dorongan dan support dari Ibunya, Guru dan teman-temannya yang membuat dirinya berani tampil.

“Memang awalnya saya tidak yakin ikut lomba ini, karena ini pertama kali saya tampil di depan banyak orang, tapi karena latihan banyak yang bantu jadi saya berani,” ungkapnya.

Pantauan salampapua.com, lomba Bercerita ini diikuti oleh 29 pelajar perwakilan SD di Timika.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy