SALAM PAPUA (TIMIKA) – Pj Bupati Mimika Valentinus Sudarjanto Sumito tiba di Kabupaten Mimika sekira pukul 08.00 WIT, Senin (26/6/2023), dan langsung dijemput pejabat Pemkab Mimika dengan pengawalan ketat dari 500 personel gabungan TNI-Polri.

Dijemput di Terminal Baru Bandara Mozes Kilangin, Pj Bupati yang menggantikan Plt Bupati Johanes Rettob ini didampingi oleh Pj Gubernur Papua Tengah Ribka Haluk bersama beberapa pejabat tinggi Provinsi Papua Tengah lainnya. Rombongan langsung menuju Swiss-Belinn Hotel di Jalan Cenderawasih melakukan rapat tertutup.

“Jumlah aparat yang disiagakan sebanyak 500 personel Polisi, Brimob dan dibantu TNI. Pengamanan ini tidak ada maksud lain tapi betul-betul untuk menjaga agar situasi di Timika tetap damai,” ungkap Kapolres Mimika AKBP I Gede Putra.

Menurut Kapolres, ratusan personel gabungan ini bukan hanya untuk mengawal kedatangan Pj Gubernur Papua Tengah dan Pj Bupati Mimika, tapi juga untuk mengamankan aksi massa yang akan menyampaikan aspirasi.

“Ratusan personel ini bukan hanya untuk menjemput Pj Bupati, tapi juga untuk mengamankan penyampaian aspirasi massa yang hari ini akan digelar di kantor Puspem (Mimika),” ujarnya.

Aksi massa harus dikawal agar mengantisipasi adanya pihak lain yang memanfaatkan momentum tersebut. Diharapkan penyampaian aspirasi massa bisa berjalan dengan tertib sesuai dengan koridor yang berlaku.

“Kita akan kawal ketat dan tetap mendalami jika disinyalir adanya provokator yang terlibat,” ungkapnya.

Wartawan : Acik

Editor : Jimmy