SALAM PAPUA (TIMIKA) - Kabupaten Mimika terpilih sebagai salah satu wilayah dalam program Survei Kesehatan Indonesia (SKI) tahun 2023, yang menyasar di 15 Distrik, 44 Kampung dan 19 Kelurahan.

Menindaklanjuti hal tersebut, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mimika menggelar sosialisasi kepada Kepala Distrik, Kepala Kampung dan Kepala Kelurahan, yang kegiatannya diselenggarakan di Hotel Grand Tembaga Timika, Rabu (26/7/2023).

Kepala Dinkes Kabupaten Mimika, Reynold Rizal Ubra mengungkapkan bahwa SKI ini sebelumnya bernama Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas), yang dilakukan lima tahun sekali. Beberapa hal yang masih menjadi perhatian dalam survei adalah terkait isu Posyandu, isu air bersih dan sanitasi.

“Karena kami (Kabupaten Mimika, Red) terpilih maka kami mengundang kepala-kepala Kampung, Distrik dan Lurah untuk memberikan dukungan menyukseskan SKI, yang terpenting melalui pertemuan ini menjadi forum komunikasi antara Dinkes, Puskesmas dan Kepala Distrik terkait pelayanan langsung kepada masyarakat,” ujarnya.

Rey berharap dengan adanya SKI ini juga dapat menjadi masukan bagi Dinkes Mimika untuk hal-hal yang harus diperbaiki dan ditambah.

“SKI ini sebagai lanjutan dari evaluasi capaian Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM), bagaimana capaian program-program rencana strategi Kementerian Kesehatan atau program yang sudah direncanakan seperti stunting, bagaimana pelayanan kesehatan dasar yang akan menjadi baseline perencanaan di lima tahun ke depan ataupun bagaimana perencanaan lima tahun ke depan. Jadi dalam survei nanti akan ada wawancara langsung kepada masyarakat, ada pemeriksaan darah, penimbangan untuk bayi dan balita, kemudian ada pemeriksaan malaria,” ungkapnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy