SALAM PAPUA (TIMIKA) – Menjadi wadah dalam mengembangkan potensi sejak dini khususnya di bidang sepakbola di Kabupaten Mimika, Kuala Kencana Football Club (KKFC) menggelar soccer championship Junior Cup 2023 yang diselenggarakan di lapangan sepakbola Kuala Kencana sejak tanggal 23 Juni hingga 8 Juli 2023.

Sejak babak penyisihan pertandingan tersebut terbagi dalam 4 grup yang diikuti oleh 12 tim sepakbola di Kabupaten Mimika. Masing-masing tim menurunkan 7 pemainnya dan 5 cadangan, serta pertandingan dilakukan dalam durasi 2x20 menit.

Pantauan salampapua.com pada penghujung laga, Sabtu (8/7/2023), dimana pertandingan mempertemukan tim KKFC versus tim Aruka FC untuk memperebutkan Juara 3, dan SSB Konika berhadapan dengan SSB Timika Putra untuk babak Final, tampak hadir Director and EVP Social Responsibility & Community Development PT Freeport Indonesia (PTFI) Claus Wamafma, VP Environmental Division PTFI Gesang Setyadi, Direktur Papua Football Academy (PFA) Wolfgang Pikal, dan Pelatih Kepala PFA Ardiles Rumbiak.

Bukan saja hadir, di samping memberikan dukungannya, tampak di momen-momen khusus saat beberapa pemain menunjukkan skill apiknya dalam memainkan si kulit bundar, saat terjadi peluang-peluang goal dan saat pemain berhasil mencetak goal, para petinggi PTFI dan PFA tersebut juga turut menyambut dengan teriakan dan tepuk tangannya bersama penonton lainnya yang hadir sebagai tanda apresiasi terhadap bibit-bibit pemain sepakbola dari Mimika ini. Bahkan secara khusus, Claus Wamafma sempat meninggalkan tempat duduknya untuk menyalami pemain yang berhasil mencetak goal.

Di sela-sela pertandingan saat diwawancarai salampapua.com, Ketua Panitia KKFC Junior Cup 2023 Benny Nowenik mengungkapkan bahwa KKFC menggelar event tersebut untuk pertama kalinya walaupun KKFC itu sendiri sudah lama terbentuk namun sempat ‘tertidur’ cukup lama.

“Event ini pertama kalinya diselenggarakan sembari saat ini kita juga sementara dalam proses pendaftaran di ASKAB PSSI Kabupaten Mimika,” tuturnya.

Benny mengaku para pemain yang berusia 12 tahun (U-12) tersebut sangat antusias mengikuti pertandingan dan ternyata dapat dilihat dari setiap pertandingan yang dilakukan banyak dari mereka yang memiliki kemampuan bermain sepakbola yang cukup baik.

Di samping itu, melalui pertandingan ini banyak penilaian positif yang disampaikan orang tua dari para pemain, dimana salah satunya anak-anak mereka berpindah pusat perhatiannya dari bermain gadget berjam-jam dalam sehari namun kemudian kebiasaan itu berkurang dan beralih kepada lebih mempergunakan waktu, khususnya pada sore hari, untuk giat berlatih sepakbola dalam mempersiapkan diri mengikuti pertandingan tersebut.

“Anak-anak antusias sekali, apalagi event (pertandingan sepakbola) U-12 di Mimika ini sangat jarang sekali, sehingga memang kita dari badan pengurus KKFC fokusnya untuk anak-anak. Bahkan sejak adanya event ini, banyak feedback positif dari orang tua, di samping adanya peningkatan nilai sportivitas dan keberanian setelah mengikuti pertandingan,” ujarnya.

Dia menambahkan bahwa untuk Juara I, II, dan III akan mendapatkan Piala serta uang pembinaan, di samping juga bagi Juara I akan memegang Piala Bergilir, yang mana ke depan rencananya KKFC Junior Cup ini akan dilakukan setiap tahun.

Wartawan/Editor: Jimmy