SALAM PAPUA (TIMIKA) - Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Mimika menggelar pelatihan aplikasi SIASN (Sistem Informasi Aparatur Sipil Negara) bagi Kasubag kepegawaian dan operator.

Kegiatan yang dibuka oleh Pj Sekretaris Daerah Mimika Petrus Yumte tersebut juga dirangkaikan dengan launching website BKPSDM Mimika serta sosialisasi evaluasi data dan sistem informasi kepegawaian, yang dilaksanakan di Hotel Cendrawasih 66 Timika, Senin (24/7/2023).

Petrus Yumte dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemerintah sedang dan terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan publik dan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) yaitu dengan meningkatkan pelayanan digitalisasi yang merupakan salah satu program dari reformasi birokrasi berdampak/tematik yaitu digitalisasi pemerintahan.

"Peningkatan pelayanan digitalisasi pemerintahan merupakan salah satu kunci dalam melakukan transformasi kinerja pelayanan instansi pemerintah kepada masyarakat," ujar Petrus.

Petrus mengungkapkan, BKPSDM Mimika mengambil langkah dengan menyediakan website pada link https://bkpsdm.id. Website BKPSDM Mimika memiliki banyak fitur yang dapat diakses oleh seluruh ASN Mimika antara lain fitur berita kegiatan kepegawaian, fitur artikel kepegawaian, fitur peraturan terkait kepegawaian, fitur konsultasi kepegawaian, fitur pengumuman tentang informasi kepegawaian (info seleksi CPNS dan PPPK, informasi seleksi JPT, informasi pelaksanaan diklat), fitur statistik tentang perkembangan jumlah ASN Mimika dan banyak lagi fitur-fitur yang dapat diakses sebagai informasi terkini dan terupdate. Selain itu, di dalam website BKPSDM tersebut juga memuat dua aplikasi yaitu SIMAK dan Siaga Kompas.

"SIMAK" (sistem informasi administrasi kepegawaian) yang terintegrasi dengan seluruh OPD untuk proses mutasi kepegawaian di antaranya layanan usulan kenaikan pangkat, usul pensiun, usul kartu pegawai, kartu suami dan kartu istri, layanan pencantuman gelar dan lainnya.

Sedangkan aplikasi "Siaga Kompas" (sistem pengembangan kompetensi asn) yang merupakan bank data Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang sudah dan belum mengikuti pelatihan manajerial maupun pelatihan teknis lainnya seperti PKN, PKA, PKP, Bimtek, dan workshop memuat kompetensi atau keahlian dari magang.

“Jadi dengan adanya data kompetensi atau keahlian PNS dalam aplikasi ini dapat memudahkan pejabat pembina kepegawaian melakukan pengambilan keputusan dalam pengangkatan dan promosi pengusulan jabatan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala BKPSDM Kabupaten Mimika, Ananias Faot mengatakan bahwa Website BKPSDM Mimika yang dibuat oleh Kominfo sebelumnya sebenarnya sudah ada tetapi pasif.

"Oleh sebab itu saya ambil inisiatif untuk kita membuat Website BKPSDM baru. Websitenya dengan berbagai fitur yang ada di dalam dan lebih mempermudah pelayanan tentang birokrasi dari BKPSDM terhadap OPD-OPD yang ada di Mimika," ujar Ananias.

Menurut Ananias, sasaran sehingga pihaknya harus melatih Kasubag kepegawaian dan operator, agar paham dalam mengelola website tersebut.

Kendala yang ditemukan selama ini adalah data ASN itu sendiri. Jika dilihat, termasuk MYSAPK, banyak yang belum mengupload berkas-berkas fisiknya ke dalam sistem.

"Jadi kuncinya ada di data, kalau data itu lengkap semua mulai dari pengangkatan dan lainnya akan jauh memudahkan. Mudahnya apa, misalnya dia mau naik pangkat periode Oktober atau April, itu kita bisa proses lebih awal, 3 bulan sebelum itu SK bisa keluar. Contoh yang kita sudah lakukan kemarin untuk pengusulan pangkat di periode Oktober yang sekarang kan masih 2 bulan lagi tapi SK pangkatnya sudah ada," tutupnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy