SALAM PAPUA (TIMIKA) - Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Mimika menggelar rapat monitoring dan evaluasi rencana aksi tahunan tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs), yang dilaksanakan di Ruang Rapat Bappeda, Jumat (25/8/2023).

Rapat yang dipimpin oleh Staf Ahli Bidang Hukum Politik dan Pemerintahan Kabupaten Mimika, Septinus Timang ini bertujuan untuk mendapatkan laporan realisasi pelaksanaan program/kegiatan dan capaian target setiap indikator TPB/SDGs dari masing masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Septinus Timang mewakili Pj Bupati Mimika mengatakan, tujuan pembangunan SDGs merupakan komitmen global dan nasional yang bertujuan untuk mengakhiri kemiskinan dan kelaparan, melawan ketimpangan, memastikan perlindungan terhadap alam dan sumber daya yang terkandung di dalamnya dan menciptakan kondisi untuk pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan adil.

“Sebelumnya sudah diadakan Rapat bersama PT Freeport Indonesia, sekarang kita bicarakan bersama-sama di internal kita, bagaimana pembangunan di Mimika selanjutnya,” ujarnya.

Septinus juga menekankan kepada semua bagian teknis untuk menyampaikan program kerja pada tahun 2023 dan 2024 yang terkait dengan tujuan dalam pembangunan berkelanjutan sehingga dapat dicatat dalam RAD yang direvisi sebagai bagian dari proses pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Mimika.

“Saya berharap dengan pencatatan ini maka peran dan kontribusi dari pemerintah dalam pencapaian TPB/SDGs akan diketahui oleh publik dan adanya pencatatan program dalam RAD, sehingga dalam program-program pembangunan dapat membuka peluang kolaborasi multi pihak yang dapat dirasakan masyarakat,” harapnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy