SALAM PAPUA (TIMIKA) - Lukman Ahmad (32) yang menjadi korban penembakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kabupaten Puncak dievakuasi ke Timika, Kabupaten Mimika, Kamis (24/8/2023).

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo,S.H,S.I.K,M.Kom mengatakan, proses evakuasi menggunakan pesawat Reven Global Airtransport/PK-RVV dengan pilot Capt. Putri Ghassani.

“Korban yang menderita luka akibat penembakan dievakuasi ke Bandara Aminggaru Ilaga, Kabupaten Puncak, kemudian dibawa ke Kabupaten Mimika hari ini (Kamis, Red) pada pukul 08.20 WIT. Korban langsung dibawa ke RSUD untuk dirawat,” tutur Kombes Benny dalam rilisnya.

Disebutkan bahwa penembakan terhadap korban terjadi pada Rabu (23/8/2023) di kompleks pasar tradisional Ilaga sekira pukul 18.40 WIT saat korban sedang berada di kios miliknya. Korban ditembak pelaku menggunakan senjata laras pendek sehingga mengakibatkan luka tembus pada bagian pelipis hingga belakang kepala.

“Saat aparat keamanan TNI-Polri merespons suara tembakan, korban ditemukan terluka dan berdarah di kepala, namun kondisinya masih sadar. Meski aparat keamanan sudah melakukan penyisiran, pelaku tidak ditemukan di area TKP yang kemungkinan telah melarikan diri,” jelasnya.

Korban sempat  dievakuasi ke RSUD Ilaga untuk mendapatkan penanganan medis.

Saat mengevakuasi korban ke RSUD Ilaga, tidak berselang lama aparat TNI-Polri mendapatkan laporan bahwa telah terjadi pembakaran gudang beras milik Pemda Puncak yang disertai suara tembakan pistol yang diduga senjata yang sama untuk menembak korban.

“Polisi  juga tengah melakukan penyelidikan untuk mengidentifikasi pelaku serta motif di balik 2 kejadian ini,” ujarnya.

Wartawan : Acik

Editor : Jimmy