SALAM PAPUA (TIMIKA) – Sungguh memprihatinkan... plafon ruang kelas V, VI dan ruang kantor SD Negeri Ayuka, Distrik Mimika Timur Jauh dalam kondisi rusak parah.

Tiga bangunan ruangan sekolah yang mulai beroperasi tahun 2001 ini hancur lantaran materialnya yang sudah lapuk. Selain di bagian luar, bagian dalam kelas pun kondisi sebagian plafonnya sudah terlepas.

“Mari kami antarkan rekan-rekan wartawan melihat langsung kondisi gedungnya,” ungkap salah seorang guru ASN menyambut kedatangan awak media, Sabtu (23/9/2023).

Tidak banyak laporan kebutuhan sekolah yang disampaikan guru tersebut, awak media langsung dipersilahkan untuk wawancara langsung dengan Kepala SD Negeri yang di kelilingi pepohonan rindang itu.

Kepsek SD Negeri Ayuka, Elsa Silahoy melalui sambungan telepon mengatakan bahwa kondisi tersebut bukan lantaran tidak adanya perhatian dari pemerintah, tapi harus melalui prosedur. Disampaikan, pihaknya telah  melaporkan kondisi gedung tiga ruangan itu ke bidang Sarana dan Prasarana (Sarpras) Dinas Pendidikan Kabupaten Mimika.

“Kami sudah sampaikan ke bidang Sarpras di Dinas bahwa ada kerusakan di gedung khusus ruang kelas 5, 6 dan kantor. Itu semua ada prosedurnya. Kondisi itu bukan berarti karena tidak ada perhatian pemerintah, itu semua ada tahapannya, karena masih ada juga sekolah lainnya yang diperhatikan duluan baru ke sekolah kami,” katanya.

Sejauh ini SDN Ayuka telah menerima bantuan fasilitas mebeler seperti kursi dan meja dari Dinas Pendidikan. Adapun bangunan untuk kelas 1, 2, 3 dan 4 telah direhab pada tahun 2019 lalu. Bidang Sarpras Dinas Pendidikan selalu rutin melakukan pendataan setiap tahunnya sehingga secara berlahan akan memperhatikan semuanya sesuai kondisi masing-masing sekolah.

“Pastinya akan direhab nanti, tapi pertahap. Tahun 2019 sudah direhab. Untuk sementara yang sudah pasti itu bantuan untuk pembangunan kamar mandinya,” jelasnya.

Wartawan : Acik

Editor : Jimmy