SALAM PAPUA (TIMIKA) - Meski cuaca akhir-akhir ini kurang stabil di Kota Timika dan sekitarnya, namun harga bawang, rica, dan tomat (Barito) di pasar Timika masih terpantau stabil.

Pantauan salampapua.com di Pasar Baru Timika, harga Barito seperti cabai rawit dari Rp 80 ribu hingga Rp 90 ribu per kilogram, cabai keriting Rp 80 ribu per kilogram, bawang merah Rp 45 ribu per kilogram, bawang putih Rp 50 ribu per kilogram, dan tomat Rp 30 ribu per kilogram.

Menurut Imran, salah satu pedagang di Pasar Baru Timika bahwa untuk stok Barito sampai saat ini masih aman. Ini karena pasokan dari Manado masih dikirim melalui jalur pesawat.

“Cuaca memang tidak menentu namun harga belum naik karena stok masih banyak. Beberapa waktu lalu itu cabai mahal bisa sampai Rp 130 per kilogram, itu karena pedagang masih berharap pengiriman lewat kapal, padahal kapal dari Manado sudah tidak ada, nah sekarang banyak distributor kirim pake pesawat,” ujar Imran kepada salampapua.com, Selasa (5/9/2023).

Sementara salah satu pedagang sayur, Yanti mengatakan, meskipun cuaca sering hujan tapi banyak Petani lokal yang menjual hasil panennya dengan harga stabil.

“Kita juga kira sayur harganya naik, tapi sepertinya Petani sudah mulai punya solusi menangani banjir, tapi beberapa lalu sayur sempat kosong mungkin pas saat hujan tidak berhenti,“ ujarnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy